Cara Memperbaiki Layar Sentuh

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sama Sekali

Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali merupakan pengetahuan penting. Itu karena setiap ponsel di zaman sekarang sudah menggunakan fitur terbaru ini di setiap versinya. Fitur ini sendiri telah sukses menggantikan keberadaan keyboard yang sebelumnya merupakan bagian penting pada ponsel.

Apabila di zaman sekarang masih ada ponsel menggunakan keyboard, kebanyakan orang pasti menganggapnya sebagai versi jadul. Itu karena, hampir semua ponsel di zaman sekarang sudah tidak menggunakannya. Walaupun terkesan lebih praktis, hp dengan keberadaan layar sentuh memiliki satu kekurangan. Kekurangan terletak pada cara penggunaan.

Ketika touchscreen sudah tidak berfungsi, ponsel jelas tidak bisa digunakan. Hal ini berbeda dengan penggunaan keyboard yang kerusakannya terbilang sangat jarang. Oleh sebab itu, mengetahui cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali perlu diketahui. Dengan mengetahuinya, mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan sendiri.

Biarkan Beberapa Waktu dan bersihkan Touchscreen

Cara pertama untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan membiarkannya beberapa waktu. Tidak selamanya kerusakan terjadi akibat permasalahan pada hadware. Bisa saja masalahnya berasal dari hang yang disebabkan oleh banyaknya aplikasi dan penuhnya penyimpanan. Ketika hang, ini membuktikan jika hp sedang bekerja terlalu keras.

Menunggunya beberapa saat dapat membuat ponsel selesai mengerjakan tugasnya. Ketika tugas selesai, kondisinya akan kembali normal sehingga bisa digunakan lagi. Permasalahan kebanyakan orang adalah terus mencoba menggunakan hp padahal kondisinya sedang hang. Selanjutnya, membersihkan touchscreen juga bisa dijadikan pilihan terbaik.

Kotoran bisa membuat sentuhan yang dilakukan oleh jari tangan tidak berhasil memberikan respons. Ini terjadi karena kotoran tersebut berfungsi sebagai pelapis di dunia luar. Dengan itu, membersihkannya menjadi salah satu jalan keluar. Ini merupakan tips terbaik dalam cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali.

Lakukan Restart dan Ganti Touchscreen

Ketika ponsel mengalami hang, mendiamkan beberapa saat bisa membuat masalah hang hilang. Namun pada beberapa kondisi, waktu beberapa saat sering kali tidak berhasil mengubah keadaan. Ponsel malah tetap berada pada kondisi hang. Jika hal tersebut sampai terjadi, melakukan restart bisa dijadikan pilihan terbaik.

Dengan melakukannya, beban kerja pada hp akan hilang secara total. Dengan itu, smartphone akan kembali fresh. Ini jelas membuat setiap fungsinya kembali normal. Jika cara ini dinilai kurang efektif, mengganti touchscreen bisa dijadikan pilihan lain. Ini adalah pilihan yang pasti menyelesaikan masalah di atas.

Kebanyakan orang memang mengatakan ini sebagai teknik paling efektif dalam cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali. Namun perlu diketahui bahwa touchscreen biasanya dibuat menempel dengan lcd. Oleh sebab itu, mengganti touchscreen akan lebih mudah jika sambil mengganti lcd. Walaupun bisa, hanya mengganti salah satu dari kedua bagian tersebut membutuhkan keterampilan khusus.

Bisa Juga Hanya Tidak Berfungsi Ketika Pengisian Daya

Layar sentuh tidak berfungsi sering kali terjadi ketika pengisian daya. Ini menjadi masalah umum bagi kebanyakan orang dimana seakan-akan mengisi daya malah menyebabkan kerusakan. Sebenarnya, kondisi ini terjadi bukan karena kesalahan ponsel. Namun, kondisinya terjadi karena kesalahan dari pengisi daya.

Disinilah fungsi dari pengisi daya original berada. Dengan menggunakan pengisi daya original buatan pabrik, permasalahan ini tidak akan terjadi. Apabila pengisi daya original rusak atau hilang, mendapatkannya bisa dilakukan dengan membeli di gerai resmi. Beberapa online shop sebenarnya juga menyediakannya.

Pastikan untuk meneliti penyebab kerusakan secara detail. Jangan sampai langsung mengganti touchscreen ketika kerusakan telah terlihat. Mengganti touchscreen membutuhkan biaya cukup lumayan. Akan lebih mudah jika menggunakan teknik lain. Oleh sebab itu, memahami cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali sangat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *