cara mengatasi aplikasi android

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android sangat jarang diketahui. Padahal, keberadaannya terbilang penting. Permasalahan ini sangat umum terjadi pada ponsel. Dengan kondisi itu, akan cukup menyulitkan apabila permasalahan ini terjadi dan pemilik ponsel tidak mengetahui cara menyelesaikannya.

Sebuah aplikasi sendiri sulit dibuka karena bermacam-macam permasalahan. Biasanya, permasalahan ini memunculkan tulisan seperti “force close” dan “not responding”. Sulit untuk memberikan detail mengenai satu per satu permasalahan. Itu karena, tipenya sendiri masih banyak. Selain kedua tulisan di atas, beberapa tulisan lain juga sering muncul.

Satu-satunya jalan keluar dari permasalahan tersebut adalah dengan mengetahui cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android. Sebenarnya, permasalahan ini juga bisa diselesaikan dengan datang ke gerai resmi dari merek hp yang dimiliki. Namun selain sulit, datang ke gerai resmi juga membutuhkan biaya.

Hapus Cache dan Data Apk

Cara pertama agar aplikasi bisa dibuka adalah dengan menghapus cache. Tidak perlu khawatir ketika akan menghapusnya. Tidak akan ada efek apapun dalam penggunaan yang akan terasa. Cache sendiri merupakan data sementara. Oleh sebab itu, menghapusnya bukanlah masalah. Sebenarnya, data sementara semacam inilah yang berbahaya.

Ketika terus menumpuk, aplikasi justru akan menjadi lambat. Untuk menghapusnya, masuklah ke pengaturan aplikasi di ponsel. Pada pengaturan di apk tersebut, hapuslah cache. Fitur penghapusan cache biasanya berlokasi di tempat paling bawah. Setelah menghapus cache, selanjutnya adalah menghapus data apk.

Teknik ini bisa dipilih apabila menghapus cache tidak memberikan efek. Ketika menghapus data, sebuah aplikasi akan kembali seperti ketika pertama kali didownload. Itu karena, semua data mulai dari riwayat, cache, memori, hingga seluruh data lain akan hilang sepenuhnya. Bisa dibilang, ini adalah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android paling efektif.

Update Apk atau Coba Install Ulang

Cara selanjutnya yang juga bisa dicoba adalah melakukan update pada aplikasi. Untuk melakukan update sendiri, pengguna android bisa melakukannya di playstore. Pengguna IOS sendiri jelas memiliki fitur tersebut. hanya saja, update hanya bisa dilakukan via appstore. Ini perlu dilakukan karena mungkin saja serinya sudah kadaluwarsa.

Label kadaluwarsa sendiri biasanya diberikan oleh pihak pengembang. Selain itu, update membuat beberapa fitur terbaru akan didapat. ini jelas membuat kemungkinan terjadinya masalah pada aplikasi menjadi semakin kecil. Selanjutnya, jangan lupa untuk mencoba melakukan install ulang pada apk tersebut.

Ini juga sangat efektif dalam cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android. Dengan melakukan install ulang, kondisi apk akan sepenuhnya baru. Tentu, hal ini membuat segala permasalahan hilang dan kondisinya kembali pada titik awal. Untuk melakukan install ulang, hapus dulu aplikasi tersebut. Setelah itu, barulah download ulang.

Pakai Versi Lain dan Coba Restart Ponsel

Menggunakan versi lain juga bisa menjadi pilihan tepat. Biasanya, ini perlu dilakukan ketika ponsel tidak cocok dengan apk resmi. Ketidakcocokan akan menimbulkan bug sehingga penggunaan secara normal tidak bisa dilakukan. Mencari versi lain sendiri bukanlah suatu hal yang sulit.

Untuk melakukannya, Anda bisa mencari versi tersebut di google. Biasanya, ada banyak jenis lain mulai dari versi lebih lama hingga mod. Akan lebih baik jika mencari penjelasan lengkap mengenai permasalahan yang dialami terlebih dahulu. Dengan itu, mencari versi lain akan menjadi lebih mudah.

Pastikan untuk mencoba tata cara di atas satu persatu. Ketika sudah dicoba, biasanya akan ada satu teknik yang terbukti efektif. Namun selalu ingat untuk membuat penyimpanan ponsel tetap longgar. Biasanya, permasalahan semacam ini berawal dari penuhnya penyimpanan ponsel. Poin ini juga sangat penting dalam cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=HSiyrlZwDKdNGI5WVzf31ZDgs9qGyjonCdas8xvmQO8