Contoh Aplikasi Untuk Konsumen Linux

Kumpulan Contoh Aplikasi Untuk Distro Linux

Aplikasi Untuk Distro Linux-Pengguna distro Linux yang masih baru nyatanya akan dibingungkan dengan aplikasi apa saja yang seharusnya terdapat di dalam sistem linux, karena sistem operasi pc linux ini amatlah berbeda dengan sistem operasi pc yang lain, contohnya saja semacam windows. Ketika kamu akan memilih distro Linux, sebaiknya menyesuaikan dengan keinginan saja. Saat ini distro Linux mempunyai banyak sekali versi desktop yang ada dari yang tampilannya simpel minimalis hingga ke yang modern dan elegan. Supaya pemakaian berjalan mudah, sebaiknya maanfaatkan tampilan desktop yang cocok dengan spesifikasi hardware pc yang akan di install distro Linux.

Berikut merupakan kumpulan aplikasi linux yang sangat dibutuhkan:

1. Mozilla Firefox Browser

 

Mozilla Firefox adalah peramban situs website yang sangat populer, mampu membagikan kenyamanan saat kamu menjelajahi dunia maya. Tidak hanya itu mozilla firefox ini juga lumayan enteng dan cepat, oleh sebab itu banyak yang menyukainya. Dengan berbagai fitur luar biasa yang diberikan oleh Firefox, pasti akan membuat kalian merasa lebih aman dalam mengunjungi bermacam situs website untuk mencari data, informasi, video, audio dan bermacam kebutuhan yang lain. Firefox banyak digunakan sebagai aplikasi default sistem bermacam distro Linux terkenal semacam Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Apabila kamu tidak terlalu suka dengan Mozilla Firefox, sebagai pengganti kamu dapat mencoba Google Chrome, Vivaldi atau Opera Browser.

2. VLC Media Player

 

Berikutnya ialah aplikasi media player yang dapat dipakai untuk mendengarkan musik apalagi dapat dipakai juga untuk menyaksikan video film, yaitu VLC Media Player. Apabila kalian konsumen pc yang cukup lama, tentu sempat mendengar nama media player terkenal ini. VLC Media Player ialah pemutar audio dan video yang lumayan powerfull, mempunyai banyak fitur yang menarik dan pastinya dapat dipakai dalam mode offline maupun online. Mempunyai fitur yang dapat menangkap layar pc( screenshot) pada saat sedang memutar video ialah satu hal yang menarik untuk dipakai.

3. LibreOffice

 

LibreOffice ialah salah satu aplikasi perkantoran yang berplatform open source, mempunyai fitur yang cukup komplit dan pastinya dapat jadi pengganti terbaik pengganti Microsoft Office. Di masa digital ini aplikasi perkantoran memang wajib ada dan terpasang di fitur pc, karena aplikasi perkantoran dapat digunakan untuk bermacam kebutuhan semacam menulis dokumen, membuat presentasi, database, penghitungan data numeric dan masih banyak lagi. Untuk konsumen baru distro linux, saya menyarankan buat menginstall LibreOffice, karena bersifat gratis serta seharusnya wajib ada di sistem linux yang lagi kalian maanfaatkan saat ini.

4. Geany( Text Editor& IDE)

 

Geany adalah“ text editor” yang memakai Scintila dan GTK+. Geany tidak hanya bisa dipakai sebagai“ text editor” saja, dengan plugin yang komplit, Geany menjadi salah satu IDE( Integrated Development tampilan) yang banyak dipakai oleh mereka yang gemar coding. Geany dapat di install di sistem pembedahan Linux, Windows serta OS X. Geany mempunyai bentuk yang bersih, simpel, sederhana dengan struktur teks( kode) yang tertata rapi. Sangat mengasyikkan saat menggunakan IDE yang satu ini. Geany berjalan cukup enteng di sistem komputer alhasil tidak terlalu memakan sumber energi. Sangat sesuai digunakan untuk editing kode dalam berbagai bahasa pemrograman( C, C++, C#, Java, JavaScript, PHP, HTML, LaTeX, CSS, Python, Perl, Ruby, Pascal, Haskell, Erlang, Vala serta lain- lainya)

5. RedShift( Pengaturan Temperatur Warna Layar Monitor)

 

RedShift merupakan perangkat lunak yang bersifat gratis dan open source yang berperan untuk mengatur temperatur warna layar monitor secara manual ataupun otomatis. Redshift otomatis berkerja berdasarkan pengaturan zona waktu yang telah di setting pada sistem pc yang kalian maanfaatkan, sedangkan Redshift manual kalian dapat mengaturnya sesuka hati. Aplikasi ini amat bermanfaat karena bisa mencegah mata menjadi cepat lelah dan pasti saja hal ini akan mencegah ataupun memperlambat kerusakan pada mata. Di era ini banyak produsen pc apalagi ponsel pintar yang melengkapi produknya dengan fitur eye protector untuk menghindari mata lebih cepat rusak akibat berlama- lama dalam memakai pc ataupun ponsel pintar. Jadi kesimpulannya aplikasi ini sangat wajib untuk dipasang di sistem operasi linux kalian.

 

Penutup

Walaupun distro Linux mempunyai cukup banyak varian, tetapi aplikasi yang digunakannya cenderung sama. Yang bisa jadi berbeda antara distro Linux satu dengan distro Linux yang lain yaitu hanya bentuk desktop dan cara mengoperasikannya saja. Mudah- mudahan Bermanfaat