Aplikasi Absensi Online

5 Aplikasi Absensi Online Untuk Pegawai Perusahaan

Aplikasi absensi online mulai marak dipakai semenjak adanya sistem work from home( WFH) di masa pandemi Covid- 19. Aplikasi absensi online jadi opsi banyak perusahaan buat penuhi kebutuhan data kehadiran pegawai. Alasan mendasar mengapa perusahaan memilah aplikasi absensi online yaitu karena efektifnya waktu yang dibutuhkan.

Para pekerja dapat melaksanakan absensi, izin sakit, ataupun cuti melalui satu aplikasi tanpa perlu membuat pihak manajemen kesusahan. Cuma dengan bantuan teknologi canggih, semua kehadiran pegawai dapat terdata dengan cara otomatis serta hal ini mempermudah profesi tim human resources( HR). Penasaran apa saja rekomendasi aplikasi absensi online yang biasa dipakai pegawai perusahaan? Sebelum itu, ayo ikuti pengertian sampai keunggulan serta kekurangan dari aplikasi absensi online di bawah ini!

Apa yang dimaksud absensi online?

Absensi online merupakan sistem yang membantu tingkatkan produktivitas perusahaan dengan membukukan kedatangan pegawai dengan cara daring. Sistem ini juga dinilai efisien serta praktis, sebab tidak hanya mudah mengatur kedatangan tiap pegawai, durasi yang dibutuhkan juga tidak terbuang banyak. Pengenalan sistem absensi online ini sudah meningkat pesat beberapa tahun belakangan serta saat ini semakin maju.

Terdapat bermacam hal yang jadi pertimbangan perusahaan memakai layanan sistem ini, seperti laporan yang dibuat secara otomatis, terjangkau dari segi anggaran ketimbang absensi secara manual, serta masih banyak lagi. Absensi online dapat diperoleh dengan cara mengunduhnya di Play Store ataupun App Store.

Pada sebagian aplikasi absensi online, ada fitur canggih yang cuma dipunyai oleh teknologi satu ini, ialah mendata kehadiran secara real- time hingga melacak off- time pegawai dalam durasi berbarengan. Ada pula fitur foto sebagai fakta kalau kedatangan pegawai merupakan asli, bukan berbohong. Masih ada khasiat lain yang didapat dari penggunaan sistem absensi online.

Aplikasi absensi online yang biasa digunakan

Aplikasi absensi online ialah bagian dari sistem kedatangan secara daring. Selama ini, telah banyak aplikasi absensi online yang digunakan perusahaan. Tetapi, kali ini kita hendak membahas 5 aplikasi absensi online yang umum dipakai untuk pegawai perusahaan. Yuk, simak apa saja deretan saran aplikasi absensi online.

 

1. GreatDay HR

GreatDay HR merupakan aplikasi absensi online yang memiliki fitur- fitur lumayan komprehensif. Dengan fitur rekam kedatangan, pegawai dapat melakukan foto dengan hasil yang cukup baik. Ditambah lagi, terdapat teknologi identifikasi wajah( facial recognition) yang berperan membandingkan foto sekarang dengan sebelumnya. Ini bermanfaat buat mengukur kesesuaian orang yang mengambil foto. Aplikasi absensi online ini pula memiliki fitur geo tagging, sehingga perusahaan mengenali posisi pasti pegawai.

 

2. KaryaOne

KaryaOne merupakan aplikasi absensi online yang menawarkan kemudahan proses pemindahan data dari mesin absen konvensional. Mesin absen konvensional seperti sidik jari ataupun fingerprint scanner bisa diimpor database- nya, kemudian diolah kembali oleh aplikasi. Ada pula fitur lain yang tidak kalah kerennya, ialah pengajuan izin ataupun cuti. Ini mempermudah pegawai tanpa perlu menemui HRD ataupun pimpinan secara langsung.

 

3. Time Clock by Homebase

Rekomendasi aplikasi absensi online kali ini memiliki fitur yang istimewa. Kenapa istimewa? Sebab Time Clock by Homebase mempunyai fitur yang bisa langsung dipakai. Beberapa fitur itu antara lain durasi kedatangan, posting profesi, pelacakan pelamar, terdiri dari 10 pegawai, penjadwalan lebih dari 10 hari, serta jam durasi. Tidak hanya sampai di situ, aplikasi istimewa ini pula dapat diakses secara gratis.

 

4. Hadirr

Berbeda dari yang yang lain, aplikasi absen online Hadirr bisa melakukan absensi hanya di lokasi yang sudah disetujui antara pegawai serta perusahaan. Jika pegawai mau berfoto di lokasi yang bukan tempat perjanjian, hingga pegawai tidak dapat bolos. Hal ini amat bermanfaat buat meminimalisir terbentuknya kecurangan pada pegawai. Tidak hanya itu, Hadirr juga memiliki sistem deteksi biometrik dengan basis face recognition.

 

5. ESS Gaji ID

Secara umum ESS Gaji ID sama dengan aplikasi absensi online sebelumnya yang memercayakan fitur pengajuan izin, cuti, kalender pegawai, absensi, serta informasi pegawai. Tetapi, terdapat yang berbeda dari ESS Gaji ID yang perlu kalian tahu. Perbedaan itu terletak pada opsi integrasi dompet digital DANA yang bermanfaat buat mempermudah bisnis pegawai. Tidak hanya itu, aplikasi ESS Gaji ID pula sanggup mencetak berkas gaji pegawai.

 

Seperti itu pembahasan mengenai aplikasi absensi online yang biasa digunakan oleh pegawai perusahaan. Perlu kalian tahu, bahwa tiap aplikasi memiliki keunggulan serta kekurangannya masing- masing. Kembali lagi pada pilihanmu mana aplikasi yang cocok dengan kriteria dan tidak. Semoga Bermanfaat