Aplikasi Mind Mapping

6 Aplikasi Mind Mapping Dengan Tema dan Template Terbaik

Aplikasi mind mapping – Terbaik berikut ini pantas dicoba sebab lebih simple dan fleksibel, bila dibanding dengan cara konvesional. Kalian jadi bisa membuat mind mapping lebih mudah serta meminimalisir kekeliruan. Nah, 6 aplikasi ini cocok banget untuk siswa ataupun mahasiswa. Baik buat meningkatkan ide, atau membuat catatan seputar materi- materi di kelas. Penasaran bentuknya bagaimana?

 

Apa itu mind mapping?

Sebelum memahami aplikasinya, patut diketahui dulu apa itu mand mapping. Mind mapping merupakan proses menggambarkan alur sesuatu rancangan atau ide ke dalam wujud visual supaya lebih mudah dipahami. Lifehack melaporkan, mind mapping ditemukan oleh Tony Buzan. Metode mind mapping ini diyakini bisa membuat ide lebih berkembang.

Metode membuat mind mapping

Pada dasarnya, membuat mind mapping tidaklah susah. Sederhananya kalian perlu memastikan topik penting terlebih dulu buat divisualisasikan. Di lembar mind mapping, pertama kalian menentukan ide esensial atau penting. Dapat berupa permasalahan, satu ide, sebuah proyek, dan lain serupanya.

Setelah ide penting diperoleh, tahap berikutnya yakni memastikan cabang ide atau turunannya. Buatlah garis lurus ataupun lengkung yang mengaitkan dengan poin penting agar terlihat alurnya. Setelah itu, tambahkan sub agen yang relevan apabila perlu. Maanfaatkan alur serupa seperti sebelumnya agar ilham lebih mudah dipahami.

Ingat, mind mapping tidak hanya tulisan, namun juga bisa dibubuhi gambar supaya visualisasi jadi lebih keren.

 

Saran Aplikasi Mind Mapping

 

1. Ayoa

Aplikasi satu ini sesuai kalian gunakan sebab dilahirkan oleh pakar mind mapping dunia yang telah profesional belasan tahun. Kalian bisa menorehkan secara langsung melalui Ayoa. Fitur yang disedikan juga lumayan menarik, meliputi pembuatan ide secara cepat, pemilihan format, font, dan warna yang menarik.

2. Simplemind

Berikutnya ada aplikasi yang sangat terkenal dan dapat kalian unduh di Play Store. SimpleMind dikenal sederhana untuk dipakai. Tidak hanya wujud teks, aplikasi ini juga menyediakan fitur gambar, film, hingga voice note. Lengkap banget, kan?

3. MindMeister

Saran berikutnya ialah MindMeister yang telah diunduh belasan juta orang. Aplikasi ini bisa membantu untuk membuat berbagai konsep sederhana hingga kreatof. Sama semacam aplikasi yang lain, MindMeister menyediakan bermacam fitur kreatif. Ditambah lagi tersedia fitur memberi hasil ide dengan orang dalam bentuk kerja sama. Jadi, di sini ada fitur percakapan dan komentar. Menarik bukan dicoba dengan teman- teman?

4. ClickUp

ClickUp mengusung tagar‘ merencanakan dan mengatur proyek dengan gampang’. Tidak heran, banyak juga yang sudah memakai aplikasi ini. Kelebihan aplikasi ini ialah menawarkan integrasi native dengan aplikasi seperti Slack, G Suite, sampai Dropbox. Hal itu pasti mempermudah untuk kerja sama.

5. Milanote

Aplikasi yang satu ini sederhana dan menawarkan fitur- fitur mudah untuk dipakai. Milanote membolehkan kalian untuk membuat mind mapping tanpa repot. Melalui Milanote, kalian bisa meningkatkan gambar atau link di mind mapping. Menarik pastinya, kan?

6. X Mind

Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah kalian menulis ide dan mempertajam kreativitas. XMind menawarkan bermacam fitur menarik. Ada sebagian desain chat yang dapat kalian pilih, seperti Fishbone Chart, Matrix, Timeline, sampai Organizational Chart. Tidak hanya menulis, XMind membolehkan kalian untuk menganalisa dan melihat kronologi penyampaian ide.

 

Penutup

Demikian keterangan singkat dari kami mengenai 6 Aplikasi Mind Mapping Dengan Tema dan Template Terbaik, mudah- mudahan bisa memahami apa yang sudah kami sampaikan di atas, Mudah- mudahan Bermanfaat.