6 Aplikasi untuk Video Conference Selama Kerja dari Rumah

6 Aplikasi untuk Video Conference Selama Kerja dari Rumah

Covid- 19 sudah menyebar luas di Indonesia. Hal ini berakibat pada banyak hal, termasuk mempengaruhi gimana seseorang dalam bekerja. Dari yang awal bertugas di kantor, jadi bertugas di rumah. Walaupun bertugas dari rumah, bukan berarti daya produksi Kamu menyusut. Terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat mendukung daya produksi sepanjang bertugas di rumah, salah satunya merupakan aplikasi video conference yang kerap dipakai buat rapat atau bertukar pikiran secara online.

Berikut ini merupakan sebagian aplikasi film conference terkenal yang bisa dipakai di Android maupun iOS.

1. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting paling terkenal di dunia. Selain fungsinya sebagai aplikasi chat, WhatsApp juga bisa dipakai buat melakukan panggilan video sampai 8 orang, sehingga cocok digunakan buat Kamu yang mau melaksanakan rapat video di tim yang lebih kecil.

Anda juga bisa membuat tim di WhatsApp sehingga Kamu bisa mengatur anggota regu dengan lebih mudah dan terorganisir.

2. Google Meet

Google sebagai salah satu industri teknologi raksasa di dunia juga mempunyai aplikasi video conference yang lumayan terkenal yakni Google Hangout Meet. Dengan aplikasi ini ada dapat melaksanakan konferensi video sampai 250 orang sekaligus.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa dipakai buat membagikan layar penggunanya, sehingga mempermudah Kamu bila mau menyampaikan suatu.

Demikian pembahasan mengenai 6 aplikasi video conference selama kegiatan dari rumah. Selain dengan menerapkan sistem kerja jarak jauh, Anda juga wajib mengoptimalkan sistem penjualan secara online sebagai bentuk partisipasi aktif perusahaan Anda dalam meminimalisir penyebaran Covid- 19. Agar penjualan online berjalan dengan lancar dan efisien, pastikan Anda bisa sediakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Google Meet juga berintegrasi dengan Google Calendar sehingga Kamu dapat menerima notifikasi saat rapat akan segera dimulai.

3. Skype

Skype merupakan aplikasi percakapan buatan Microsoft yang bisa dipakai buat melaksanakan panggilan suara dan video. Aplikasi ini bisa mensupport sampai 25 orang dalam satu kali panggilan.

Selain buat panggilan suara dan video, Skype juga bisa dipakai sebagai media obrolan berbasis teks baik itu dengan cara perorangan ataupun dalam suatu grup, dan mensupport layanan panggilan suara berbayar ke nomor handphone atau no rumah.

4. Slack

Slack merupakan aplikasi perpesanan berbasis grup dan dapat dipakai buat berbicara antartopik. Dengan aplikasi ini Kamu bisa berbagi dokumen dan melaksanakan konferensi video sampai 15 orang.

Salah satu fitur Slack adalah dapat diintegrasikan dengan sebagian tools lain dan media sosial semacam Google Drive, Dropbox, hingga Twitter sehingga memudahkan Anda dalam mengirim file dan memantau pekerjaan tim Anda.

5. Zoom

Meski belum lama ini Zoom sedang diterpa isu negatif terkait privasi konsumennya, tidak dapat dibantah kalau Zoom merupakan salah satu aplikasi video conference yang terkenal di bumi.

Zoom dibekali dengan bermacam fitur yang bisa memudahkan Kamu dalam mengelola ruang virtual. Tidak hanya itu, Kamu bisa membagikan tampilan layar( screen share) ke semua anggota tim lain yang bergabung. Anda juga dapat berbagi foto dan film dengan mudah berkat dukungan Google Drive dan Dropbox.

6. Cisco Webex

Meski belum begitu terkenal di Indonesia, Cisco Webex kerap dipakai oleh banyak perusahaan di dunia. Jumlah partisipan yang dapat bergabung dalam rapat video menggapai 100 orang, bergantung jenis paket berlangganan.

Beberapa fitur di aplikasi ini mencakup screen sharing, dukungan Google Assistant, Google Home Hub, papan virtual untuk menggambar, unggah dokumen, dan perekaman video.

 

Nah, itu tadi enam aplikasi meeting online gratis yang bisa Anda gunakan secara gratis maupun berbayar. Anda bisa menimbang ingin menggunakan yang mana berdasarkan benefit yang sudah dipaparkan di atas.