aplikasi android perekam layar

Aplikasi Android Perekam Layar Mudah dan Cepat

Mungkin Anda pernah mendengar aplikasi android perekam layar yang digunakan untuk screenshoots sesuatu. Ada cara lain yang sebenarnya bisa digunakan yaitu dengan kamera tetapi hasilnya tidak maksimal. Karena itu Anda membutuhkan aplikasi untuk merekam layar pada ponsel android.

Beberapa aplikasi di bawah ini bisa Anda diunduh langsung di Google Play Store dan dapat digunakan untuk semua jenis android. Aplikasi-aplikasi perekam layar untuk ponsel android adalah sebagai berikut.

Aplikasi Android Perekam Layar yang Bagus

Anda sebenarnya dapat langsung masuk ke Google Play Store untuk mencari aplikasi perekam layar. Tetapi tidak semua aplikasi bisa digunakan dengan baik. Berikut beberapa aplikasi untuk merekam layar yang sudah diunduh banyak kali.

  1. Video Recorder & Screen Recorder

Aplikasi pertama bernama Video Recorder & Screen Recorder yang dikembangkan oleh InShot Inc ini sudah diunduh sebanyak 100 juta kali. Ratingnya juga tinggi yaitu 4.7 dari 5 bintang. Anda hanya perlu menyediakan ruang penyimpanan sebesar 19 MB untuk mengunduh aplikasi. Aplikasi dengan fitur lengkap membuat banyak pengguna yang mengunduhnya.

Salah satu kelebihan jika menggunakan aplikasi ini adalah hasil rekamannya tidak ada watermark. Selain itu Anda juga bebas ingin merekam berapa lama karena tidak ada batasan waktu. Pengguna juga tidak perlu melakukan root sebelum merekam layar dan hal ini memberikan kenyamanan bagi  pengguna.

  1. Vidma Recorder

Vidma recorder adalah aplikasi android perekam layar yang dikembangkan oleh Vidma Studio. Sudah mendapat rating 4.7 bintang sehingga 10 juta pengguna mengunduh aplikasi Vidma Recorder. Ukuran filenya juga tidak terlalu besar yaitu hanya 18 MB saja. Anda bisa merekam layar dan hasilnya jernih dengan kualitas 60 atau 1080 fps.

Tidak perlu untuk melakukan root jadi pengguna dapat langsung melakukan rekam layar. Fitur lain yang disediakan pengembang adalah memotong, menambahkan video dan musik, dan mengatur kecepatan dari video.

  1. No Root

No Root adalah aplikasi lain yang dapat digunakan untuk merekam layar. No Root sudah mendapatkan rating 3.7 bintang dan hasil videonya berukuran 24 fps dan tidak ada watermark. Tidak perlu melakukan root saat aplikasi digunakan.

Cara Merekam Layar di Ponsel

Selain menggunakan aplikasi android perekam layar ada juga beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengambil layar. Cara-cara berikut bisa menjadi alternatif jika aplikasi yang sudah diunduh tidak bisa digunakan. Cara-caranya adalah sebagai berikut:

  1. Memakai Fitur Ponsel Motion Control

Ada beberapa ponsel yang bisa digunakan untuk merekam layar dengan menggunakan jari saja. Fitur ini dinamakan fitur motion control dengan menarik layar dari kanan ke kiri menggunakan telapak tangan. Ada juga beberapa ponsel yang fiturnya harus diaktifkan terlebih dahulu.

Cara mengaktifkannya adalah pertama buka ponsel dan cari menu pengaturan. Berikutnya adalah cari menu gesture and motion dan pilih tulisan palm swipe to capture. Setelah aktif, Anda dapat menekan tombol kembali dan cari layar yang ingin direkam. Coba untuk langsung menggerakkan tangan ke kanan kiri dan layar sudah berhasil direkam!

Fitur motion control hanya tersedia di HP merk Samsung saja. Contoh ponselnya adalah Samsung Galaxy 5, Note, Note 3 dan 4, S8+ dan sebagainya.

  1. Memanfaatkan Tombol Kombinasi

Cara tangkap layar yang satu ini juga bisa sering dilakukan oleh banyak orang. Pengguna hanya  menekan tombol volume bawah dan power dalam satu waktu. Setelah itu layar akan langsung terekam dan filenya tersimpan di dalam galeri.

  1. Mengucapkan Kata “Hai Bixby”

Cara merekam layar yang berikutnya ini terbilang unik. Anda hanya perlu mengucapkan “Hai bixby” lalu “take a screenshoots” maka ponsel akan langsung merekam. Hanya terdapat pada Samsung S9 dan S8

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar. Cara-cara tersebut bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi.

Jika ingin menggunakan aplikasi maka rekomendasinya ada di atas dan khusus untuk pengguna android saja. Aplikasi android perekam layar di atas tidak terlalu memerlukan banyak ruang penyimpanan.