aplikasi parafrase online

Aplikasi Parafrase Online untuk Menghindari Plagiat

Bagi para penulis, akademisi maupun siswa dapat menggunakan aplikasi parafrase online untuk menghindari plagiarisme. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut dapat membantu merubah kata – kata dari sumbernya namun tetap memiliki makna yang sama.

Selain aplikasi online, sebenarnya Anda juga dapat membuat sendiri parafrase secara manual. Namun apabila Anda memiliki waktu terbatas, aplikasi online di bawah ini dapat Anda coba.

Pengertian, Ciri dan Cara Membuat Parafrase

Parafrase berasal dari Bahasa Yunani, berasal dari kata “para” yang berarti mengubah dan “phrazein” yang artinya bercerita. Apabila diartikan yakni mengubah susunan kata suatu kalimat.

Ciri – ciri parafrase ada dua, yaitu memiliki susunan kata atau kalimat yang berbeda dari karangan aslinya. Kedua adalah memiliki makna yang sama atau tidak berubah dari makna aslinya.

Cara membuat parafrase cukup mudah, Anda harus membaca secara utuh kalimat yang ingin diparafrasekan. Tangkap inti kalimatnya dengan baik, kemudian buat susunan kalimat yang baru namun maknanya sama. Buat wacana sesuai keinginan Anda.

Apabila Anda merasa kesulitan dan belum terbiasa melakukannya, Anda dapat mencoba aplikasi parafrase online di internet secara gratis. Membuat parafrase dapat menghindarkan Anda dari tindakan plagiarisme.

Lima Aplikasi Parafrase Online Gratis

Di bawah ini adalah lima aplikasi parafrase yang bisa Anda nikmati secara gratis.

  1. id

Aplikasi ini membantu Anda membuat parafrase kalimat dalam Bahasa Indonesia. Sebelum menggunakannya, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan nama dan alamat e-mail.

Kemudian Anda hanya tinggal mengcopy tulisan yang ingin di parafrasekan lalu tunggu beberapa saat. Aplikasi ini akan memberikan hasilnya untuk Anda.

 

  1. Paraphrase-online.com

Dengan cara kerja yang hampir sama dengan Spinner.id, Anda dapat memparafrasekan kalimat menggunakan aplikasi ini. Bedanya Anda tidak perlu melakukan registrasi.

Baca Juga :  Aplikasi Pembuat CV Online Cepat dan Praktis

Anda hanya perlu mengcopy tulisan yang ingin diparafrasekan. Aplikasi ini juga gratis, tidak berbayar. Anda sudah bisa mendapatkan hasilnya dengan cepat.

 

  1. SEO Magnifier

Tulisan yang ingin Anda parafrase, langsung di copy pada kolom yang sudah disediakan. Kemudian klik tombol “Paraphrase It”, tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan hasilnya.

Aplikasi ini dapat memparafrasekan tulisan dalam tujuh Bahasa, diantaranya adalah Bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Turki, Prancis, Belanda dan Bahasa Indonesia.

 

  1. Paraphrasing Tool

Paraphrasing tool hanya dapat digunakan untuk parafrase kalimat dalam Bahasa Inggris. Anda hanya perlu mengcopy teks ke dalam kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Paraphrase Now.

 

  1. com

Pada aplikasi ini, setelah mengcopykan tulisan yang ingin diparafrasekan kemudian tulis ulang kode recaptcha untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot. Hasil parafrase akan muncul kemudian.

 

Kelebihan menggunakan aplikasi parafrase online adalah Anda akan mendapatkan hasilnya dengan mudah dan cepat, sehingga dapat mempersingkat waktu pekerjaan.

Selain itu kelemahan menggunakan aplikasi online dibandingkan parafrase manual, yaitu tulisan hasil parafrase kurang readable atau kurang enak dibaca. Sehingga Anda harus memeriksa ulang tulisan dan menyempurnakannya.

 

Aplikasi Cek Plagiarisme Tulisan Anda

Selesai membuat sebuah karangan artikel, sebaiknya Anda mengecek plagiarisme menggunakan aplikasi di bawah ini. Terlebih apabila Anda membuat parafrase menggunakan aplikasi online.

 

  1. Plagiarisma

Aplikasi Plagiarisme dapat mendeteksi 190 bahasa, untuk mendeteksi plagiarisme Anda dapat mengcopy URL tulisan atau mengupload file tulisan yang berekstensi .pdf, .html, .xlsc, .txt.

 

  1. Duplichecker

Duplichecker dapat mengecek artikel dengan panjang maksimum 1000 kata. Aplikasi ini gratis dan dapat Anda gunakan secara online. File tulisan yang dapat Anda unggah adalah file dengan ekstensi .txt, .doc, .pdf, .rtf.

Baca Juga :  Emulator PS1 Android Terbaik Buat Main Harvest Moon

Apabila ada konten yang terindikasi plagiat, pada kalimat tersebut akan ditandai dengan warna berbeda dari kalimat lainnya. Ini memudahkan Anda untuk melakukan perbaikan.

 

  1. Copyleaks

Aplikasi Copyleak dapat mendukung 100 bahasa, dan sudah terintegrasi dengan Ms. Word. Anda dapat menambahkannya dengan menyisipkannya pada Ms. Word, serta dapat membandingkan dua tulisan sekaligus.

 

Kecepatan dalam membuat artikel adalah hal yang semakin dibutuhkan. Salah satu teknik yang dibutuhkan adalah kemampuan memparafrasekan kalimat. Untuk mendukung hal tersebut, Anda dapat menggunakan tools aplikasi parafrase online.