CRM Dan Contoh Aplikasi CRM Gratis

CRM Dan Contoh Aplikasi CRM Gratis

Apa Itu CRM( Customer Relationship Management)

 

CRM atau( Customer Relationship Management) merupakan sebuah inovasi yang melatarbelakangi pembuatan strategi bisnis berplatform customer. Tujuan kuncinya adalah tingkatkan kepuasan pelanggan. Sedangkan tujuan akhirnya adalah memaksimalkan profit dan pendapatan. CRM telah dilengkapi dengan analisis customer, vendor, partner, proses informasi internal dan penyimpanan. Sedangkan fungsi- fungsi lain yang mensupport CRM adalah sales, marketing, training, pengembangan profesional, manajemen performa, human resource development, serta kompensasi. CRM adalah salah satu ketentuan vital bagi bisnis kamu untuk memasuki tahap selanjutnya.

Berikut ini merupakan daftar aplikasi CRM( Customer Relationship Management) gratis terbaik. Aplikasi CRM memungkinkan kamu mengatur, menyimpan, dan melacak pelanggan kamu dengan mudah:

1. Zoho CRM

 

Zoho CRM merupakan perangkat lunak CRM gratis. Dengan dorongan aplikasi ini kamu bisa menangani pelanggan dan proyek- proyek secara efisien. Zoho CRM memungkinkan kamu membuat database pelanggan dan juga menolong kamu dalam menghubungi mereka. Zoho CRM membagikan penekanan spesial untuk hubungan konsumen dan merupakan aplikasi CRM yang sangat berguna.

2. EQMS Lite( Free Edition)

 

EQMS Lite merupakan aplikasi CRM atau Customer Relation Management gratis dan bisa diharapkan. Dengan bantuan aplikasi gratis ini kamu bisa mempermudah dan mengotomatisasi cara pemasaran organisasi kamu dan juga menyimpan melacak pelanggan kamu. Aplikasi ini spesial buat usaha mikro dan kecil. Dengan memakai administrator bisnis EQMS Lite dapat melacak penutupan, tindak lanjut dan lead. Fitur utamanya merupakan pembuatan laporan, manajemen data terpusat, analisa informasi, penilaian kemampuan pemasaran, pencatatan informasi dan lain- lain.

3. SprinxCRM Free Edition

 

SprinxCRM Free Edition merupakan perangkat lunak CRM gratis. SprinxCRM Free Edition memungkinkan kamu mengatur laporan, pemograman, marketing campaign, kegiatan pemasaran, instruksi, peluang bisnis, hubungan pelanggan, dan informasi kontak. SprinxCRM Free Edition menyederhanakan cara pengumpulan keputusan untuk kamu. Dengan memakai freeware ini kamu bisa memahami kebutuhan pelanggan dan akan menolong kamu dalam meningkatkan batas serta omset.

4. Pika CRM

 

PikaCRM adalah aplikasi CRM gratis dan bermanfaat. PikaCRM mempunyai bermacam fitur seperti memulihkan serta backup database, enkripsi data, pencetakan informasi, ekspor atau impor file CSV, mengatur barang dagangan, menulis tiap order, mengelola kegiatan pelanggan, menaruh kartu kontak, hubungan kontak pelanggan dan mengatur informasi pelanggan.

5. Espo CRM

 

EspoCRM merupakan perangkat lunak CRM gratis. Dengan bantuan aplikasi CRM/ Customer Relation Management gratis ini kamu bisa menghitung, menginput dan melihat hubungan kamu dengan perusahaan dalam hal peluang, proyek, perusahaan dan orang- orang. EspoCRM umumnya dipakai dalam industri asuransi, obat- obatan, real estate, pariwisata, pendidikan, manufaktur, call center, perbankan, e- commerce, ritel serta perdagangan grosir.

6. Eusoft Manager

 

Eusoft Manager merupakan perangkat lunak CRM gratis. Dengan bantuan freeware ini kamu bisa meningkatkan hubungan dengan rekan bisnis serta klien berharga. Aplikasi ini didesain spesial untuk para pengguna yang tiap hari berhubungan dengan rekan bisnis dan klien. Fitur utamanya adalah manajer dokumen, task manager, note manager, account manager dll

7. CRM Logix

 

CRMLogix merupakan aplikasi CRM gratis. CRMLogix memungkinkan kamu terhubung ke klien dengan gampang dan juga mengatur proses aktivitas dari suatu organisasi. Fitur utamanya merupakan pengguna pelaporan yang ditetapkan, pengendalian biaya, pembuatan laporan order, rangkuman instruksi, otomatisasi tenaga penjualan.

 

Penutup

Mengimplementasikan  aplikasi CRM bukan sekedar terbatas di instalasi dimana kamu tinggal pakai saja. Kamu juga butuh upaya berkelanjutan untuk membuat statistik customer dari nol, sampai ke titik dimana kamu bisa menggunakan data- datanya untuk mengatur strategi marketing kamu. Mudah- mudahan Bermanfaat