Mobil Hybrid

Mobil Hybrid Pengertian Cara Kerja Dan Contoh Mobilnya

 

Mobil Hybrid – Trend dalam dunia otomotif dan industri saat ini sedang berlomba dalam menghadirkan mobil yang bertenaga dan bisa menghemat penggunaan bahan bakar, dan mobil jenis LGGC ( Low Cost Green Car ) adalah salah satu yang menjadi pendukung mobil ekonomis dan irit bahan bakar. Beberapa tahun terakhir, teknologi hybrid pada kendaraan pun mulai gencar di kembangkan oleh berbagai perusahaan otomotif yang ada. Selain karena konsumsi bahan bakar yang lebih hemat dan irit, teknologi hybrid pun sangat di percaya lebih ramah lingkungan. Berikut kami akan uraiakan mengenai teknologi hybrid pada kendaraan Mobil.

Apa Itu Mobil Dengan Teknologi Hybrid?

Definisi umum mobil hybrid adalah mobil dengan sistem penggerak yang memanfaatkan dua sumber energi, yaitu bahan bakar yang diolah mesin pembakaran dalam dan listrik dari baterai diproses motor listrik. Kombinasi penggunaanya dari kedua hal ini diklaim menghasilkan efisiensi lebih tinggi dari mesin konvensional. Dan dengan penggunaan dua mesin itu, mobil hybrid akan menghasilkan tingkat efisiensi bahan bakar yang jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan jenis mobil biasa.

Jenis-Jenis Sistem Hybrid

 

1. Jenis Sistem Hybrid Series

Sistem hybrid yang pertama atau biasa disebut dengan hybrid series listrik nantinya akan di hasilkan dari mesin bensin, sedangkan buat rodanya sendiri akan di gerakan dengan menggunakan motor listrik.

2. Jenis Sistem Hybrid Paralel

Yang selanjutnya adalah sistem hybrid paralel, sistem ini yang nantinya akan menjalankan mobil dengan motor listrik demi menunjang mesin bensin, biasanya di gunakan ketika mesin berjalan dengan RPM rendah dan output yang di hasilkan oleh mesin bensin pun cenderung lebih lemah.

3. Jenis Sistem Hybrid Series-Paralel

Terakhir ada sistem yang menggunakan perpaduan antara mesin bensin dan juga motor listrik buat menggerakan roda mobil, nantinya listrik yang di hasilkandari mesin bensin atau baterai hybrid akan di gunakan buat menggerakan roda mobil. Sistem hybrid series-paralel dapat mengontrol sumber daya ganda, sehingga mampu menghemat energi dengan lebih optimal untuk segala kondisi serta situasi saat berkendara di jalan raya.

Cara Kerja Mobil Hybrid Standar vs Mobil Full Hybrid

1. Penghidupan Mesin V

  • – Saat mobil di hidupkan dan mesin mobil mulai panas, maka mesin generator akan mengubah energi yang di hasilkan dari mesin bensin menjadi energi listrik dan energi listrik itu nantinya bisa di gunakan buat mengisi baterai dalam mobil jika memang perlu di isi.
  • – Mobil full hybrid menghidupkan seluruh komponen elektronik dengan mengambil semua daya dari baterai, sehingga mesin mobil hanya akan menyala saat baterai membutuhkan tambahan daya, tetapi jika baterai masih dalam kondisi terisi maka mesin mobil tidak akan menyala meski mobil sudah di hidupkan.

2. Tahap Kecepatan Jelajah

  • – Tahapan kecepatan jelajah terjadi ketika mobil berada di angka 60 hingga 80 KM/jam, Pada tahapan tesebut mesin bensin akan mengambil alih tenaga penggerak mobil secara penuh. Jika kondisi baterai kekurangan daya maka mesin juga mampu mengubah energinya dan mengisi baterai dengan menggunakan generator.
  • – Nah pada tahapan jelajah mobil full hybrid akan menggunakan motor listrik dan mesin bensin secara berdampingan buat menggerakan mobil dan pda kondisi tersebut generator akan mengubah energi gerak mobil untuk melakukan charge baterai.

3. Tahap Kecepatan Saat Menyalip

  • -Buat menyalip kendaraan atau mobil lain di jalan raya, kalian memerlukan tingkat akselerasi yang tinggi, dengan kondisi tersebut maka tenaga dari mesin bensin dan motor listrik berasal dari baterai keduanya. Yang nantinya tenaga itu bisa di gunakan sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat menyalip,
  • -Pada mobil full hybrid daya yang di pakai saat mobil akan menyalip dengan akselerasi di ambil dari mesin bensin dan motor listrik secara beriringan.

4. Tahap Kecepatan Saat Pengereman

Istilah yang biasa digunakan dalam proses pengereman mobil hybrid adalah pengereman regeneratif (regenerative braking). Jika pada mobil non-hybrid tenaga mobil akan sia-sia saat proses pengereman, maka lain halnya dengan mobil hybrid. Saat proses pengereman, putaran roda akan digunakan generator untuk mengubah energi gerak tersebut menjadi energi listrik.

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Hybrid

1. Kelebihan

  • -Lebih irit dalam penggunaan bahan bakar
  • -Getaran mesin pada mobil hybrid sangat minim
  • -Menghasilkan suara mesin yang tidak berisik bahkan cenderung senyap
  • -Memiliki emisi gas buang yang rendah
  • -Performa kecepatan dan akselerasi yang lebih meningkat

 

2. Kekurangan

  • -Harga jual mobil hybrid baru masih cenderung mahal.
  • -Cenderung berbahaya bagi pengendara motor dan pejalan kaki. Hal tersebut karena mesin mobil hybrid yang nyaris tidak menghasilkan suara saat dikendarai sehingga berbahaya bagi pejalan kaki ataupun pengendara motor yang tidak menyadari adanya mobil ini di dekat mereka.
  • -Sistem perawatan serta perbaikan untuk kelistrikannya lebih rumit dan mahal.

Contoh beberapa mobil hybrid yang sudah ada di indonesia adalah :

 

1. Toyota Prius (Mulai Rp 190 Jutaan)

2. Honda CR-Z (Mulai Rp 280 Jutaan)

3. Toyota Camry Hybrid (Mulai Rp 220 Jutaan)

4. Nissan Kicks e-Power (Mulai Rp 385 Jutaan)

5. Toyota Corolla Cross Hybrid (Mulai Rp 435 Jutaan)

6. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid (Mulai Rp 130 Jutaan)

7. Toyota C-HR Hybrid (Mulai Rp 385 Jutaan)

 

Demikian uraian dan saran dari kami mengenai Mobil Hybrid Pengertian Cara Kerja Dan Contoh Mobilnya, semoga bisa mudah kalian pahami dan sekarang tidak bingung lagi dengan apa yang di maksud dengan Teknologi hybrid ya. Semoga Bermanfaat