Teknologi 5G

Teknologi 5G Terbaru dan Perbedaannya Dengan 4G

 

Teknologi 5GDengan kemajuan teknologi yang sudah semakin pesat dan berkembang yang terus mengikuti kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis, maka lambat laun jaringan 4G juga ikut mengalami persgeseran dan akan di gantikan dengan teknologi jaringan jenis yang baru yaitu teknologi 5G. Yang sudah mulai beroperasi di jaringan yang akan menyasar seluruh wilayah indonesia demi mendapatkan layanan internet yang stabil dan modern tentunya.

Apa Itu Jaringan Teknologi 5G

5G adalah teknologi seluler generasi ke 5 yang dirancang buat meningkatkan kecepatan, mengurangi latensi, dan meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel. Jaringan 5G juga akan menyederhanakan mobilitas, dengan kemampuan roaming terbuka tanpa batas antara akses seluler dan Wi-Fi. Pengguna seluler dapat tetap terhubung saat mereka berpindah antara koneksi nirkabel luar ruang dan jaringan nirkabel di dalam gedung tanpa campur tangan pengguna atau pengguna perlu mengautentikasi ulang.

Jaringan 4G memiliki kecepatan upload mencapai 17,7 mbps. Sedangkan jaringan 5G memiliki kecepatan upload yang bisa mencapai 23,7 mbps. Dalam prateknya teknologi 5G di maksudkan buat memberikan kemudahan kepada pengguna dalam hal kecepetan data,lantency yang rendah dan koneksi jaringan luas dengan kapasitas jaringan lebih tinggi. Singkatnya, dengan teknologi 5G kamu bisa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan internet 500% lebih cepat dibanding dengan 4G LTE yang sedang menjadi andalan.

Perbedaan Teknologi Jaringan 5G Dan 4G

1. Kecepatan Maksimal

Di bandingkan dengan 4G maka 5G menawarkan bandwidth dan kapasitas yang lebih tinggi, dan secara teori kecepatan maksimal 4G adalah kisaran 300 Mbps. Angka ini jauh berbeda dengan kenyataan yang sebenarnya karena realitanya kecepatan 4G rata-rata adalah 40 – 60 Mbps.

Sedangkan dengan 5G yang umumnya memiliki kecepatan yang bisa mencapai 1Gbps atau bisa di bilang 10 kali lipat dari kecepatan 4G, dan bahkan perusahaan teknologi seperti huawei mengklaim telah menciptakan sebuah modem 5G dengan kecepatan maks mencapai 6.5 Gbps.

2. Kecepatan Upload

Jaringan 4G memiliki kecepatan upload mencapai 17.7 mbps, sedangkan jaringan 5G memiliki kecepatan upload yang mencapai 23.7 mbps.

3. Kekuatan Sinyal

Perbedaan lain dari jaringan 4G dan 5G adalah pada kekuatan sinyalnya, dengan penggunaan gelombang yang lebih pendek jaringan 5G memiliki sebaran sinyal yang lebih baik,terarah dan jarang memunculkan gangguan, sementara sebaran sinyal 4G tidak beraturan dan berpotensi membuang energi dan juga tenaga pemancar.

4. Kecerdasan Perangkat

Berikutnya dari sisi kecerdasan perangkat juga menjadi perbedaan antara teknologi 4G dan 5G, dengan teknik radiokognitif yang bisa mengidentifikasi tiap perangkat. Jaringan 5G mampu membedakan perangkat tetap atau fixed dan mobile, yang hal ini tentu tidak bisa di lakukkan oleh jaringan 4G.

5.Latency

Latency adalah lama waktu yang dibutuhkan data untuk sampai ke tujuan yang diukur dalam satuan mili detik. Dimana semakin kecil latency maka jaringan tersebut semakin baik. Berbeda dengan 4G yang memiliki latency lebih lama, jaringan 5G justru menawarkan latency yang jauh lebih singkat. Standar latency rendah milik 5G biasa disebut sebagai URLLC: ultra-reliable, low-latency connections.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

 

1. Kelebihan Jaringan 5G

  1. Koneksi Yang Luas, meskipun sama-sama mengusung OFDM, tetapi jaringan 5G menawarkan kelebihan di bandingkan 4G yang hanya mempunyai subcarrier spacing mencapai 15 khz. Sementara 5G bisa lebih dari itu, dengan kapasitas yang besar yakni 100 kali, teknologi 5G mampu beradaptasi dengan berbagai jenis perangkat. Ini artinya semakin banyak perangkat berbasis smart yang bisa terhubung dan beradaptasi dengan jaringan 5G.
  2. Tidak Memiliki Delay, teknologi 5G ini hampir tidak memiliki delay lho, karena di ketahui jaringan 5G ini hanya memiliki waktu delay sekitar 4hingga 5 milidetik saja, dengan waktu delay yang singkat ini memungkinkan pengguna teknologi 5G bisa menonton video tanpa buffering sama sekali.
  3. Hemat Energi, Dengan kemampuan bisa mengurangi konsumsi energi sebesar 10% ini di lakukkan dengan cara mengurangi trafik data, kecepatan transmisi data yang super cepat ini juga menjadi kontribusi terbesar dalam penciptaan teknolig yang hemat energi. Sederhananya, jaringan 5G lebih hijau dan lebih banyak bit data per kilowatt energi dibanding generasi sebelumnya.

 

2. Kekurangan Dari Jaringan 5G

  • -Frekuensi radio yang penuh
  • -Privasi dan keamanan
  • -Daya tembus yang minim.

 

Demikian beberapa hal yang bisa kami sampaikan mengenai Teknologi 5G Terbaru dan Perbedaannya Dengan 4G, dengan beberapa uraian di atas maka kalian bisa mengerti sekarang bahwa jaringan teknologi 5G akan kalian rasakan juga dalam waktu dekat ketika sudah tersebar luas di seluruh wilayah indonesia. Semoga Bermanfaat