Nama bayi laki-laki

Nama Bayi Laki-laki Jawa Beserta Arti yang Dimilikinya

Nama bayi laki-laki tentu saja harus diperhatikan, bahkan biasanya beberapa bulan sebelum buah hati lahir, orangtua biasanya sudah dari jauh-jauh hari menyiapkan nama. Di berbagai macam budaya, nama anak merupakan sebuah doa. Oleh sebab itu, orangtua pasti akan memilihkan nama yang baik.

Tentu saja, pemberian nama yang baik ini memiliki harapan agar kehidupan sang anak nantinya menjadi lebih baik. Bahkan, nama anak penuh dengan makna layaknya sebuah doa, sehingga nantinya sang anak akan memperoleh begitu banyak keberkahan. Tentu saja memilih nama anak bukan menjadi hal mudah.

Bukan hanya menjadi sebuah doa, namun nama juga untuk kehidupan anak di masa mendatang nantinya. Di Jawa, biasanya nama anak sudah disiapkan sebelum lahir, kemudian ketika beberapa hari setelah kelahiran, nama anak diperkenalkan.

Tips Memberikan Nama Bayi Laki-laki Jawa

Pertama, beri nama berdasarkan pada waktu kelahiran. Biasanya, masyarakat jawa sering memberi nama bayi berdasarkan pada waktu kelahiran. Contohnya ketika subuh, siang, sore atau malam. Hal tersebut seperti menjadi penanda waktu anak dilahirkan. Sehingga, Anda bisa memberikan nama sesuai dengan waktu lahirnya.

Kedua, berdasarkan pada urutan kelahiran. Selain memberi nama berdasarkan waktu kelahirannya, Anda juga bisa memberikan nama berdasarkan urutan kelahiran. Biasanya, nama yang digunakan bila menggunakan urutan kelahiran, diambil dari bahasa Jawa jaman dahulu seperti Dwi, anak kedua, atau Ragil atau anak terakhir.

Ketiga, berdasarkan pada kata sifat atau kata beda. Jika Anda memiliki rasa kagum pada sebuah benda yang memiliki sifat positif atau indah, bahkan menarik perhatian, tidak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai nama anak. Contohnya saja seperti Agung, yang memiliki arti besar, Lintang yang memiliki arti bintang.

Tips keempat, berdasarkan harapan serta keteladanan. Banyak orangtua yang memiliki inspirasi nama anak dari tokoh dalam cerita wayang Jawa, contohnya seperti Batara Wisnu, Arjuna, hingga Setya. Nama Setya diharapkan agar nantinya sang anak memiliki sifat yang setia dan terpuji.

Referensi Rangkaian Nama Bayi Laki-laki Jawa

Nama pertama, Wisaka. Wisaka memiliki arti sifat lahiriah. Jika Anda ingin menggunakan nama Wisaka, Anda bisa memberi nama Bayu Wisaka Brawijaya. Nama ini memiliki arti anak yang mulia dan lahir dari udara. Nama lainnya adalah Juniarso Wisaka Prasojo, nama  tersebut memiliki arti laki-laki yang cerdas, adil dan sederhana.

Nama kedua adalah Pamungkas. Bila buah hati yang sekarang ini Anda kandung merupakan rencana anak terakhir, nama pamungkas cocok digunakan. Pamungkas memiliki arti terakhir. Untuk rangkaian namanya, Anda bisa memilih Gadhing Pamungkas. Nama tersebut mempunyai arti anak terakhir yang kuat.

Rangkaian nama ketiga, Mahawira. Mahawira mempunyai arti pahlawan besar. untuk rangkaian namanya, Anda bisa menggunakan Setya Mahawira Hareshananda. Nama tersebut memiliki arti pahlawan besar yang berbakti dan setia pada Tuhan. Ada juga Mahawira Iskanda, yang memiliki arti pahlawan yang besar dan pemimpin.

Keempat, Ismoyo. Nama yang satu ini memang cukup unik, Ismoyo memiliki arti kebijaksanaan dan keteguhan. Untuk rangkaian namanya, Anda bisa memilih Ismoyo Mahatma, artinya anak laki-laki yang bijaksana, teguh serta berjiwa besar. Pilihan lainnya adalah Ismoyo Hastu Hutama. Nama ini mempunyai arti anak laki-laki yang mempunyai keutamaan, dan kesungguhan.

Kelima, Hardinata. Hardinata mempunyai arti indah. Sedangkan rangkaian namanya, Anda bisa menggunakan nama Hardinata Karisma Bahuwirya dengan arti pemimpi menarik dengan kuasa setinggi gunung. Rangkaian nama Hardinata lainnya seperti Algis Aditya Hardinata, nama ini memiliki arti anak laki-laki dengan tombak serta semangat seperti matahari.

Layaknya sebuah doa, tentu saja kita memberikan nama yang baik-baik untuk buah hati tercinta, apalagi jika anak tersebut merupakan anak pertama, tentu saja Anda akan sangat memilihnya. Pastikan mencari tahu arti nama bayi laki-laki terlebih dahulu sebelum yakin menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *