Web Untuk Mencari Kombinasi Warna

Web Untuk Mencari Kombinasi Warna Keren

Web Untuk Mencari Kombinasi Warna-Siapapun pernah bingung mencari kombinasi warna yang baik. Entah itu untuk keinginan khusus seperti ilustrasi, desain grafis dan desain web, ataupun untuk yang sedikit lebih umum semacam warna cat rumah.

Untungnya, telah ada web yang dapat membantu kita mencari kombinasi warna alias palet( pallete) keren. Eh, kenapa web? Kenapa bukan aplikasi?

Hm, memang ada aplikasi untuk tujuan itu. Tetapi menurut pertimbangan saya, melihat web di pc lebih aman untuk membandingkan kombinasi warna.

Berdasar pengalaman, tidak akan hanya satu 2 palet warna saja yang akan kita bandingkan. Toh, sesungguhnya yang ada di web ini juga dapat disebut aplikasi web.

Ini dia rekomendasi saya:

 

1. COLORlovers

 

Web ini mungkin merupakan website paling terkenal dalam urusan warna. Dibantu komunitas yang aktif, COLORlovers mempunyai berjuta kombinasi warna keren di dalamnya. Tidak hanya itu, COLORlovers juga menyediakan kombinasi warna dengan pola, bentuk, dan lain- lain.

Dalam mencari kombinasi warna kita dapat melakukan eksplorasi baik berdasarkan beberapa tema, seperti fashion, website, cetak, atau yang lain. Kita juga dapat mencari palet warna dari gambar dengan aplikasi website PHOTOCOPA dari COLORlovers.

Saat sudah menemukan palet warna yang kita sukai, kita dapat melihat masing- masing isyarat warna yang ada. Ini akan bermanfaat jika kalian menggunakan program pengolah gambar. Tidak hanya itu, kalian juga dapat memperolehnya dalam wujud gambar, baik untuk desktop, iphone, ataupun gambar dengan beberapa ukuran resolusi lain.

2. Adobe Color CC

 

berbagai palet warna di adobe color cc

Adobe ialah nama yang berada di garda terdepan dunia desain. Jadi tidak heran jika Adobe menyediakan tool pencari warna. Sebelum jadi Adobe Color CC, layanan ini dulu diketahui dengan nama Adobe Kuler.

Seperti juga COLORlovers, koleksi palet warna di Adobe Color CC sangat banyak. Kita dapat mencari ataupun menelusuri berbagai campuran warna bersumber pada beberapa kategori. Misalnya: kepopuleran, yang sangat banyak dipakai, dan lain- lain. Tidak hanya itu kita juga dapat mencari warna dari foto.

Di Adobe Color CC, kita pun dapat melihat informasi warna dengan lebih detil. Apalagi kita dapat mengeditnya jika mau mencoba- coba variasi warna lain. Nah, dengan kemampuan edit ini, kita bisa membuat kombinasi warna sendiri.

Asiknya lagi, ada bimbingan teori warna— semacam warna analogus, monokromatik, komplementer, dan lain- lain— yang akan mempermudah cara pembuatan palet warna.

3. Coolors

 

Seperti yang lain, Coolors juga memiliki koleksi kombinasi warna yang banyak. Tidak hanya dapat mencari dari berbagai koleksi, kita dapat mengembangkan kombinasi warna sendiri dan mencari warna dari gambar atau foto.

Sebagai nilai tambah, Coolors mempunyai perlengkapan bantu untuk melihat bagaimana kombinasi warna yang kita pilih kalau dilihat oleh mereka yang buta warna. Alat pelacak warna ini juga ada sebagai aplikasi iOS serta ekstensi Chrome. Jadi ya memang cool.

4. Color Hunt

 

Color Hunt bisa jadi merupakan yang sangat simpel jika dibanding 3 web di atas. Web ini memang menyajikan koleksi kombinasi warna yang beraneka ragam, dan dapat membuat palet warna sendiri.

Sayangnya, fitur untuk membuat kombinasi rupanya tidak selengkap yang lain. Di samping itu, juga tidak ada fitur mencari paduan warna dari gambar ataupun lukisan. Tapi kalau kalian cuma sekedar ingin mencari kombinasi warna keren, Color Hunt sudah mencukupi.

5. Colormind

 

Yang menarik dari web satu ini adalah Colormind menyebut bahwa pencarian warna dilakukan dengan dorongan artificial intelligence. Entah betul ataupun tidak. Karena saat ini, kelihatannya semua berusaha tampil dengan AI.

Di sini, kita dapat memilih kombinasi warna secara random, mengunci salah satu warna sebagai patokan dan mencari kombinasinya, ataupun mencari warna dari gambar. Paduan warnanya akan dicoba oleh Colormind. Kita tinggal menikmati hasilnya.

Untuk pertanyaan mencari warna dari gambar, Colormind menyebut bahwa pencarian dicoba berdasar kecocokan kombinasi warna, bukan berdasar warna yang berkuasa di gambar. Hm, menarik juga.

Walaupun lumayan simpel, Colormind cukup memberi ruang untuk bereksperimen membuat kombinasi warna. Sayangnya penjelasan warna yang terdapat cuma berbentuk kode heksadesimal saja.

 

Itulah beberapa web yang berikan perlengkapan untuk memiliih kombinasi warna. Ada yang mempunyai fitur mirip ada yang sedikit berbeda.

Nah, tinggal dicocokkan dengan kebutuhan. Misalnya kalau kalian mencari warna cat rumah, bisa jadi kode heksadesimal kurang bisa menolong. Mudah- mudahan Bermanfaat