Aplikasi Web dan Keunggulannya

Aplikasi Web dan Keunggulannya Dibanding Aplikasi Mobile

Aplikasi Web dan Keunggulannya – Dilihat dari asal katanya, Aplikasi Web adalah kombinasi antara aplikasi dan website. Kalian bisa jadi belum memahami apa itu Aplikasi Web. Tetapi, kalian pasti pernah menggunakannya dalam kehidupan sehari- hari. Ingin tahu lebih lanjut mengenai apa itu Aplikasi Web? Kemudian, apa saja keunggulan dari Aplikasi Web?

Berikut mimin berikan uraiannya hanya untukmu.

 

Apa Itu Aplikasi Web?

Ketika mendengar kata“ aplikasi”, kalian mungkin langsung memikirkan suatu software yang kalian install di Komputer ataupun ponsel pintar. Sementara itu, aplikasi tidak harus selalu di- install untuk bisa dipakai.

 

Salah satu contohnya adalah Aplikasi Web.

Diambil dari StackPath, Aplikasi Web adalah program yang menggunakan web browser dan teknologi web untuk melakukan suatu tugas melalui internet.

Adapun menurut Lifewire, Aplikasi Web adalah aplikasi yang bisa diakses dari web browser dan terhubung dengan internet.

Maka, bisa disimpulkan bahwa seluruh aplikasi yang kalian akses dengan web browser adalah Aplikasi Web.

Sebagian contohnya antara lain alat sosial, Google Drive, e- commerce, hingga situs pencari kerja.

Jadi, kalian tidak perlu meng- install aplikasi- aplikasi itu untuk menggunakannya.

Saat ini, banyak perusahaan memercayakan Aplikasi Web daripada aplikasi mobile. Sebabnya, tidak semua klien bersedia buat meng- install aplikasi itu.

Dengan menggunakan Aplikasi Web, perusahaan bisa lebih gampang dalam menjangkau klien yang lebih luas.

Sebuah Aplikasi Web menggunakan campuran server- side scripts( PHP serta ASP) dalam hal penyimpanan dan pengumpulan informasi.

Tidak hanya itu, Aplikasi Web juga memakai client- side scripts( JavaScript dan HTML) untuk menyajikan informasi pada klien.

Oleh karena itu, perusahaan bisa senantiasa berinteraksi dengan klien menggunakan formulir online, shopping carts, sistem manajemen konten, dan yang lain.

 

Keunggulan Aplikasi Web

Ada berbagai hal yang perlu dipikirkan sebelum menyudahi membuat Aplikasi Web. Baik Aplikasi Web ataupun aplikasi mobile pasti mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing- masing.

1. Kemudahan akses

Keunggulan Aplikasi Web yang pertama merupakan kemudahan akses. Dengan Aplikasi Web, konsumen bisa mengakses aplikasi dari mana saja. Kemudahan ini juga berujung pada jumlah konsumen yang lebih banyak. Sebab, mereka tidak perlu meng- install aplikasi ke Komputer ataupun ponsel pintar.

2. Bebas platform

Tidak hanya kemudahan akses, Aplikasi Web juga dapat dibilang bebas platform. Bebas platform di sini berarti pemakaian Aplikasi Web tidak terbatas pada satu atau 2 sistem operasi saja. Seluruh device dan seluruh web browser dapat digunakan untuk mengakses aplikasimu.

Tidak cuma itu, kalian juga hanya perlu membuat satu versi aplikasi saja. Hal ini tidak seperti aplikasi mobile yang umumnya dibuat dalam setidaknya 2 versi, ialah Android serta iOS.

3. Hemat storage

Dari sisi konsumen, salah satu Aplikasi Web yang sangat terasa jelas adalah hemat storage ataupun penyimpanan. Umumnya, pengguna takut aplikasi yang mereka download bisa penuhi memori Komputer atau smartphone- nya.

4. Hemat pengeluaran

Aplikasi Web relatif membutuhkan lebih sedikit pengeluaran daripada aplikasi mobile. Pasalnya, Aplikasi Web lebih mudah dibuat, di- update, dan dicoba pemeliharaan( maintenance).

5. Lebih mudah dimonetisasi

Keunggulan Aplikasi Web yang lain adalah lebih mudah dimonetisasi. Di web browser, kalian bisa lebih leluasa dalam memakai Google AdSense ataupun jenis ads yang lain, landing page, dan membership.

 

Penutup

 

Demikian uraian dari kita mengenai apa itu Aplikasi Web. Kesimpulannya, Aplikasi Web adalah aplikasi yang berada di dalam web browser serta bisa diakses ketika ada koneksi internet. Adanya Aplikasi Web sangat menolong kita dalam berbagai hal, termasuk bekerja. Kalian bisa memakainya tanpa perlu meng- install- nya ke berbagai device- mu. Mudah- mudahan Bermanfaat