Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan Anak

 

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi – Asuransi Pendidikan ialah salah satu produk asuransi yang tertuju untuk menjamin keinginan Pendidikan seorang di masa depan. Metode kerja dari tipe asuransi ini mirip dengan dana tabungan. Ialah menyetorkan beberapa uang pada industri asuransi selama masa Pendidikan berjalan. Diambil dari lifepal, secara singkat asuransi Pendidikan anak mewajibkan pelanggan untuk melunasi premi tiap bulannya.

Nantinya premi itu dapat digunakan untuk asuransi jiwa sampai tabungan dana Pendidikan anak( nilai tunai investasi). Sebaliknya untuk jenisnya sendiri, yang sangat biasa di antara lain adalah asuransi unit link, dwiguna, dan asuransi syariah. Tetapi, saat sebelum menentukan asuransi Pendidikan anak, hendaknya calon pelanggan mengetahui terlebih dulu Kelebihan dan kekurangan dari produk asuransi ini.

Dihimpun dari bermacam sumber, berikut ulasannya.

 

Kelebihan Asuransi Pendidikan Anak

 

a. Biaya Pendidikan Anak Terjamin

Asuransi Pendidikan anak akan membantu kamu secara tidak langsung untuk menabung tiap bulannya untuk biaya Pendidikan anak. Hal ini bisa jadi salah satu pengganti apabila biaya Pendidikan di kemudian hari terus bertambah. Maka dari itu, tipe asuransi ini bisa menjamin keberlangsungan Pendidikan anak kamu. Tetapi, perlu dikenal juga kalau anggaran asuransi ini tidak bisa dicairkan begitu saja. Namun wajib menunggu pada jangka waktu khusus sesuai ketentuan yang berlaku dari perusahaan asuransi.

b. Sistem Pembayaran Premi Lebih Mudah

Tipe asuransi Pendidikan anak sedikit berlainan dengan asuransi pada umumnya, termasuk dalam sistem pembayaran. Pada asuransi Pendidikan anak, biaya yang wajib dibayarkan setiap periodenya cukup fleksibel, yaitu bisa sepanjang 6 bulan sekali ataupun satu tahun sekali. Tidak hanya itu, jumlah besarannya juga bisa dicocokkan dengan kapasitas penghasilan pelanggan. Tetapi, tetap saja para calon pelanggan wajib terlebih dulu memahami masing- masing jenis yang ditawarkan untuk menjauhi keadaan yang tidak diinginkan.

c. Mengurangi Beban Tanggungan Pendidikan Anak

Asuransi Pendidikan anak ditawarkan berbagai industri asuransi untuk menjamin biaya Pendidikan anak- anak. Perihal ini akan membuat beban keuangan orang tua kepada Pendidikan anak- anaknya jadi berkurang.

 

Kekurangan Asuransi Pendidikan Anak

 

a. Tidak Bisa Dicairkan secara Tiba- tiba

Waktu serta jumlah pembayaran asuransi Pendidikan anak memang bersifat fleksibel. Tetapi, salah satu kekurangannya adalah waktu pencairan yang tidak tentu. Tidak hanya itu, jumlahnya pun tidak bisa didetetapkan. Bahkan, sering- kali pencairan asuransi ini melewati batasan waktu yang dijanjikan industri asuransi.

b. Angka Investasi yang Cenderung Kecil

Perlu diketahui kalau investasi dana Pendidikan lewat industri asuransi mempunyai angka yang kecil. Alasannya adalah sebab sistem pada jasa yang tidak stabil. Sering- kali turun, bisa naik kembali, dan turun kembali. Beberapa orang bahkan menyangka asuransi Pendidikan ialah investasi jangka panjang yang kurang baik. Industri mengklaim mempunyai tingkat pengembalian investasi yang bersaing, tetapi pada faktanya berbeda.

c. Tidak Semua Program Bisa Terealisasi

Kekurangan lain dari program asuransi Pendidikan anak adalah tidak semua program yang ditawarkan bisa terselenggara. Artinya adalah promosi yang di informasikan perusahaan asuransi selalu nampak sangat menggoda. Tetapi, pada faktanya perputaran anggaran yang rumit ini bisa memberikan hasil yang kurang maksimum ataupun tidak sesuai impian nasabahnya.

 

Demikian ulasan singkat dari kami mengenai Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan Anak, yang mungkin bisa berguna bagi kalian dalam memahami asuransi pendidikan. Semoga Bermanfaat