bisnis tanpa modal

Bisnis Tanpa Modal yang Wajib Kamu Coba!

Kabarindotek.comBisnis tanpa modal. Jika Anda sedang bingung ingin memulai usaha, tapi modal yang ada sangat terbatas, tak perlu risau. Kami akan rangkum beberapa rekomendasi usaha tanpa modal yang tentunya menguntungkan.

Pada era digital saat ini, bukan menjadi hal mustahil memulai usaha tanpa modal sepeser pun. Anda cukup manfaatkan apa yang selalu ada pada genggaman Anda setiap harinya. Yup! Smartphone.

Bisnis tersebut tentunya berkaitan erat dengan aktivitas manusia pada dunia maya. Hanya bermodalkan smartphone dan jaringan internet, bisnis online ini bisa Anda jalankan oleh siapa saja, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, hingga mahasiswa. Berawal dari pekerjaan sampingan, Anda bisa siapkan strategi agar bisa mengembangkan dan menjalankannya secara penuh. Selamat menyimak.

Bisnis tanpa modal

Berikut ini beberapa usaha yang bisa Anda mulai tanpa modal sama sekali:

Dropshipper

Meningkatnya aktivitas belanja online e-commerce akhir-akhir ini, terlebih saat pandemi Covid-19, menjadi alasan yang tepat untuk Anda bisa memulia usaha tanpa modal, yaitu dengan menjadi dropshipper. Kebanyakan mereka yang menekuni bisnis ini bukanlah pedagang barang secara langsung, melainkan hanya reseller dari sebuah toko online.

Cara menjalankan bisnis ini juga cukup mudah. Anda bisa langsung memilih barang yang akan Anda jual pada online shop dan menjualnya kembali kepada orang lain. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikannya atau menawarkan langsung kepada siapa saja yang Anda kenal.

Saat bisnis yang jalan mulai banyak peminat konsumen, para dropshipper tersebut mulai membuat perencanaan iklan untuk membidik kalangan tertentu sesuai dengan produk yang mereka tawarkan. Selanjutnya, Anda bisa mulai belajar cara beriklan secara digital.

Jual-Beli Barkas (Barang Bekas)

Tidak ada salahnya mencoba bisnis yang satu ini. Barang bekas yang masih memiliki nilai guna dan masih layak pakai bisa Anda jual kembali kepada mereka yang membutuhkan. Jual beli barkas akan menjadi alternatif usaha yang sangat menjanjikan jika Anda bisa mengelolanya dengan baik.

Berbagai produk elektronik, seperti laptop, smartphone, printer, hingga baju bekas, buku bekas, dan barang-barang rumah tangga lainnya mungkin bisa Anda jual. Tips lain, Anda juga bisa membeli barang bekas tersebut dari tengkulak/orang lain kemudian Anda jual kembali.

Lagi-lagi, jangan lupakan media sosial sebagai alat promosi yang paling mudah Anda gunakan untuk saat ini. Anda bisa buat sebuah akun media sosial dengan Anda sendiri sebagai adminnya. Kemudian, mulai promosikan barang bekas Anda dengan menyertakan rincian barang hingga harga yang Anda tawarkan. Selain media sosial, Anda bisa juga menjualnya pada e-commerce dengan membuat toko online terlebih dahulu sebelum memulai promosi.

Jastip (Jasa Titip) Online

Bisnis sampingan ini tak kalah menarik. Anda tak perlu mengeluarkan modal untuk memulainya. Mengapa? Karena jasa ini bisa jalan tanpa menyetok barang . Artinya, Anda cukup membelinya sesaat setelah produk tersebut dipesan oleh pelanggan dan terjadi transaksi.

Misalnya di kota Anda terkenal dengan oleh-oleh atau kerajinan khas daerah yang cukup menarik, Anda bisa menawarkannya kepada teman atau kolega di luar daerah. Setelah harga dan upah atas jasa titip telah disepakati, Anda bisa langsung membelikan dan mengirimkannya ke alamat tujuan. Mudah bukan?

Kesimpulan bisnis tanpa modal dan penutup

Itulah beberapa rekomendasi bisnis tanpa modal yang menarik untuk Anda coba. Selain tiga contoh di atas, sebenarnya masih banyak lagi pilihan bisnis menarik, seperti menjadi blogger, penulis online, atau penerjemah online. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin memulai berb