Mengaktifkan TikTok Shop

Cara Lengkap Mengaktifkan TikTok Shop Dengan Mudah

 

Mengaktifkan TikTok ShopBuat kalian yang ingin meningkatkan profit bisnis di tiktok? Salah satu caranya adalah meng-aktifkan akun tik tok shop sebagai salah satu cara pelanggan bisa membeli produk kalian. TikTok shop adalah fitur yang membantu pengguna menjual dan membeli produk dari aplikasi tiktok. Dengan jumlah pelanggan yang sudah mencapai 1 M orang, tiktok merupakan tempat terbaik buat berbisnis.

TikTok Shop ialah fitur social commerce yang memungkinkan konsumen dan kreator untuk mengiklankan dan menjual produknya lewat TikTok. Fitur ini ada untuk konsumen TikTok dengan akun bisnis. Sejak September 2021, fitur ini ada untuk konsumen akun bisnis di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, serta Indonesia. Fitur berbelanja ini muncul di TikTok sebagai respon terhadap melonjaknya penjualan berbagai produk setelah brand melakukan promosi lewat program media sosial tersebut.

 

 

Cara Membuat TikTok Shop

 

Kalau kamu berminat meningkatkan omzet penjualan produk, membuat TikTok Shop adalah salah satu cara yang bisa kamu coba. Sebagai panduan, ikuti cara membuat TikTok Shop di bawah ini yuk!

1. Kunjungi situ tiktok seller

Langkah pertama adalah buka laman situ tiktok shop seller center di perangkat kalian. Setelah itu kalian perlu mendaftar sebagai seller tiktok,kalian bisa menggunakan akun pribadi buat mendaftar.

2. Logi In / Daftar akun seller tik tok

Langkah Kedua mendaftar dan mengaktifkan akun seller tiktok kalian, jika belum pernah mendaftar menggunakan akun seller tik tok kalian bisa klik opsi SIGN UP WITH TIKTOK ACCOUNT. Kalo sudah mendafatr kalian tinggal klik SIGN atau LOGIN.

3. Lengkapi Informasi Toko

Setelah selesai mendaftar dan membuat akun seller langkah berikutnya adalah lengkapi akun toko kalian agar memaksimalkan penjualna kalian. Isi lokasi toko dan nomer hp yang bisa di hubungi, lalu klik START TO ADD PRODUCTS.

4. Verifikasi TIKTOK shop

Sebelum kalian bisa menjual produk di tiktok shop kalian harus memverifikasi dokumen terlebih dahulu. klik VERIFY DOKUMENTS pada homepage lalu klik UPLOAD DOKUMENTS.
Lengkapi data data yang di butuhkan mengenai penjual, isi jenis bisnis apakah korporat atau pribadi. Jika milik perorangan maka kalian perlua verifikasi data pribadi seperti KPT ATAU PASSPORT, kemudian upload ke dalam format .pdf. jpeg.jpg atau png. Pastikan foto KTP jelas dan tidak melebihi ukuran 10 MB ya. Jika sudah klik SUBMIT

5. Menambahkan Produk Ke TIKTOK shop

Cara berikutnya adalah dengan menambahkan produk ke toko jika toko mu sudah dio verifikasi. Caranya kembali ke homepage kemudian klik opsi ADD FIRST PRODUCT lalu ADD PRODUCT.

Untuk mengupload produk ke tiktok shop lengkapi dulu deskripsi produk yang akan kamu jual, jika ingin menambah brand baru kamu harus upload dokumen kepemilikan penjualan kamu sebagai reseller, jika tidak ada pilih saja NO BRAND.

Kemudian upload foto produk yang beri deskripsi untuk memudahkan pembeli ketika berbelanja,kalian bisa UP foto sampai 9 foto sekaligus. Selanjutnya srcoll ke bawah dan isi mengenai detail produk.

Setelah itu, kamu perlu mengisi informasi fisik mengenai produk, seperti berat dan dimensinya (opsional). Ini berguna dalam menentukan biaya ongkos kirim untuk masing-masing kurir yang didukung oleh TikTok Shop.

Selain informasi fisik produk, kamu juga bisa memasukkan informasi mengenai garansi produk dan cara mengklaimnya (jika tersedia). Hal ini bersifat opsional, jadi kamu bisa mengosongkannya saja.

Setelah selesai, kamu bisa memilih untuk menyimpannya sebagai draft atau langsung mempublikasikan produk. Klik opsi PUBLISH untuk langsung menerbitkan produk.

6. Hubungkan ke REKENING BANK

Terakhir jangan lupa buat menghubungkan akun kalian ke rekening bank agar mendapat penghasilan dari tokomu. Caranya kembali ke homepage klik opsi LINK BANK ACCOUNT lalu klik LINK ACCOUNT. Teruskan sampai proses selesai dan menautkan rekening ke tiktok shop

 

Tips Membuat TIKTOK shop Yang Ramai Pembeli

 

1. Optimasi Katalog Produk

2. Promosikan tiktok shop

3. Bekerja sama dengan Influencer

 

Itu dia panduan cara mengaktifkan TikTok Shop supaya kamu bisa berjualan produk-produk terbaikmu di TikTok. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya.