bunga pegadaian emas

Bunga Pegadaian Emas Cara Menghitungnya

Bunga Pegadaian Emas. Mungkin saja Anda yang masih belum yakin karena masih bingung bagaimana menghitung bunganya yang berlaku pada. Hal itu normal terlebih jika Anda belum pernah menggadaikan emas ke lembaga keuangan mana pun karena setiap lembaga memberlakukan penghitungan bunga yang berbeda-beda.

Artikel kali ini kami tulis khusus untuk Anda dengan pembahasan gadai emas dengan sistem angsuran pada Pegadaian beserta rincian bunganya dan cara menghitungnya. Selamat menyimak.

KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Terdapat banyak layanan pada Pegadaian, salah satunya adalah Gadai Angsuran Emas yang termasuk ke dalam produk KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran). Layanan Pegadaian ini bertujuan untuk memberikan kredit kepada seluruh nasabah Pegadaian dengan barang jaminan berupa emas, baik itu emas perhiasan maupun emas batangan.

Nasabah akan melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya tambah besaran bunga yang berlaku. Benar, hal yang perlu menjadi pertimbangan paling utama adalah besaran bunganya Pegadaian Emas pada angsuran per bulannya.

Persyaratan Gadai Angsuran Emas

Secara umum, persayaratannya pun terbilang mudah dan tidak memerlukan dokumen yang ribet. Anda hanya harus mempersiapkan fotocopy KTP dan yang pasti sudah memiliki barang jaminan berupa emas perhiasan atau emas batangan.

Setelah itu Anda bebas melakukan pengajuan dengan mengikuti prosedur yang berlaku pada semua outlet pegadaian. Jangan khawatir, ribuan outlet Pegadaian di seluruh Indonesia telah menyediakan layanan Gadai Angsuran Emas.

Pinjaman yang Anda peroleh bisa sampai 95% dari nilai taksir agunan yang Anda gadaikan dengan nominal awal mulai dari Rp1.000.000 sampai Rp250.000.000. Pelunasannya pun bisa kapan saja atau mengikuti jangka waktu pinjaman 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, dan maksimal 36 bulan.

Bunga Pegadaian Emas

Penghitungan bunganya Pegadaian Emas berbeda-beda tergantung berapa lama jangka waktu peminjaman setiap nasabah.

  • Jangka waktu peminjaman antara 6-12 bulan ialah sebesar 1.25% x UP (uang pinjaman)
  • Jika jangka waktu peminjaman antara 13-24 bulan, ialah sebesar 1.30% x UP
  • Jika jangka waktu peminjaman antara 25-36 bulan, ialah sebesar 1.40% x UP

Besaran bunganya Pegadaian Emas mungkin akan berbeda dengan nasabah lain, tergantung lama jangka waktu peminjamannya. Namun, untuk besaran bunga per bulannya tetap alias tidak berubah sejak awal. Jika masih bingung terkait penghitungan bunganya, Anda bisa simak contoh kasus berikut:

Contoh Penghitungan Bunga Pegadaian Emas

Rizki menggadaikan emas pada Pegadaian senilai 20 gram dengan jangka waktu 15 bulan. Emas tersebut perkiraan harga sekitar 20 juta rupiah oleh pihak Pegadaian. Berapa besaran bunga Pegadaian Emasnya Rizki?

Jawaban: bunga Pegadaian Emasnya Rizki sebesar 1.30% x 20 juta rupiah = Rp260.000

Nominal tersebut tinggal Anda tambahkan dengan jumlah pinjaman dan untuk angsurannya bisa dibagi 15 bulan. Jadi, Rp20.000.000 + Rp260.000 dibagi 15 bulan = Rp1.351.000. Itulah angsuran yang harus Rizki bayarkan ke Pegadaian setiap bulan selama 15 bulan berturut-turut.

Kembali lagi bahwa layanan di Pegadaian ini bisa Anda bayarkan secara bertahap sesuai jangka waktu yang Anda ambil saat awal perjanjian. Selain itu, Anda pun bisa melunasinya kapan saja dengan jumlah besaran bunga yang sama.

Penutup dan kesimpulan

Penghitungan besaran bunga Pegadaian Emas tidak terlalu rumit bukan? Pada dasarnya hal itu sama dengan penghitungan bunga sistem pinjaman lain.

Terkait besaran bunganya memang lebih rendah daripada Anda meminjam uang langsung kepada bank konvensional karena agunannya harus barang yang memiliki nilai taksir yang sama dengan jumlah pinjaman Anda.

Terima kasih atas perhatian pembaca. Semoga artikel ini dapat membantu.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunciprosedur pegadaian emas