Pengertian Fiber Optik Fungsi

Pengertian Fiber Optik Fungsi, Jenis, Metode Kerja Dan Keunggulannya

Pemakaian teknologi fiber optik ataupun serat optik pada jaringan telekomunikasi membuat kita bisa menikmati layanan internet berkecepatan tinggi yang lebih kuat pada pengaruh oleh cuaca. Hal itu sebab teknologi fiber optik adalah alat transmisi yang memungkinkan cara memindahkan informasi jadi jauh lebih cepat.

Pengertian Fiber Optik

Fiber optik merupakan jenis alat transmisi berupa kabel yang dibuat dari kaca atau plastik yang amat lembut. Diameter dari kaca itu ada dalam satuan mikrometer, apalagi lebih kecil dari rambut manusia. Serat halus itu bisa mentransmisikan sinyal cahaya dari satu titik ke titik yang lain dengan kecepatan tinggi, jauh lebih tinggi dari kabel tembaga.

Kabel Fiber Optik terdiri dari beberapa bagian penting ialah Core( inti) sebagai saluran transmisi untuk cahaya. Core ini dilapisi oleh Cladding yang berperan memantulkan gelombang sinar kembali ke Inti. Kedua bagian yang sangat rentan ini dilindungi oleh susunan Coating( pelapisan) dan kemudian dibungkus lagi oleh Outer Jacket( jaket luar).

Kecepatan transmisi dari kabel fiber optik merupakan hasil dari metode kerjanya yang melaksanakan transmisi menggunakan pembiasan cahaya. Cahaya yang dipakai oleh teknologi ini dalam mentransmisikan data merupakan LED atau laser.

Karena performanya yang amat maksimal dengan transmisi berkecepatan tinggi, hingga serat optik jadi pilihan penting sebagai saluran komunikasi. Alhasil, kita selaku konsumen juga bisa menikmati kecepatan internet seperti sekarang.

Fungsi Fiber Optik

Dari penafsiran fiber optik di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi fiber optik adalah menghubungkan antar titik dalam jaringan yang serupa. Fungsi kabel fiber optik kurang lebih serupa dengan kabel pada biasanya, namun dengan kualitas yang lebih baik.

Jenis Kabel Fiber Optik

Terdapat banyak tipe dari kabel fiber optik yang dikelompokkan berdasarkan bersumber pada bentuk transmisinya. Berikut bentuk transmisi kabel fiber optik:

1. Fiber Optik Bentuk Tunggal( Single Mode)

2. Fiber Optik Bentuk Multi( Multi Mode)

Cara Kerja Fiber Optik

Daritadi telah disinggung kalau metode kegiatan Fiber Optik merupakan mentransmisikan data dalam wujud gelombang cahaya ataupun photon( Foton). Partikel cahaya ataupun foton itu dikirimkan dalam bentuk denyutan pulsa digital.

Core dan Cladding mempunyai indeks bias yang berlainan yang masing- masing akan membelokkan cahaya yang masuk pada ujung tertentu. Cahaya yang dikirim lewat serat optik akan memantul- mantul ke Core serta Cladding dalam serangkaian bouncing zig- zag yang berdasarkan cara Refleksi Internal Total.

Jika kalian berasumsi sinyal cahaya akan beranjak secepat kecepatan cahaya maka kalian salah. Pada fiber optik karena susunan kacanya yang lebih padat sinyal Cahaya cuma beranjak sekitar 30% lebih lambat dari kecepatan cahaya.

Sering- kali dibutuhkan repeater di beberapa titik buat menginovasi dan meningkatkan tanda yang harus melaksanakan perjalanan jauh. Repeater akan mengkonversi sinyal optik yang berupa cahaya jadi sinyal listrik, setelah itu sinyal listrik tersebut diproses ulang menjadi sinyal optik buat dikirimkan balik.

Jika dirangkum, selanjutnya adalah sebagian keunggulan dan kekurangan kabel fiber optik:

Keunggulan Fiber Optik

– Kecepatan transmisi data yang luar biasa cepat.

– Mampu mentransmisikan informasi jarak jauh tanpa membutuhkan penguat sinyal.

– Lebih kuat terhadap perubahan cuaca.

– Tidak akan berkarat.

– Berukuran kecil dan fleksibel.

– Tahan pada gangguan gelombang elektromagenetik( seperti gelombang radio)

– Terhindar dari risiko arus pendek listrik sebab tidak menggunakan listrik.

– Minim sekali distorsi

Kekurangan Fiber Optik

– Harga dan bayaran instalasi mahal.

– Memerlukan sumber cahaya yang kuat.

– Kabel wajib dipasang dengan jalur berkelok supaya transmisi maksimum.

Aplikasi Fiber Optik:

1. Broadcasting

Teknologi TV Kabel memanglah bukan dimulai memakai Fiber Optik, awal mulanya broadcasting pada televisi kabel memakai kabel koaksial yang biasa dipakai pada televisi di masa lalu. Saat ini terus menjadi banyak provider yang memakai fiber optik untuk menuangkan siaran Televisi Kabel pada konsumennya.

Karena tingginya bandwith serta kecepatan yang diberikan oleh fiber optik maka mutu tayangan yang diberikan juga ditingkatkan hingga bisa mencapai mutu HD. Biasanya tidak hanya layanan Televisi, layanan internet pula diadakan memakai serat optik yang serupa.

2. Medis

Jika melihat kembali bagian sejarah fiber optik maka pastinya medis merupakan aspek yang tertolong dengan teknologi fiber optik, melalui perlengkapan yang sudah disebut sebelumnya yaitu gastroskop. Dalam perkembangannya yang terbaru,

fiber optik tidak cuma dipakai buat menjadi alat“ kamera”, melainkan mulai diarahkan menuju teknologi“ lab on fiber”.

Teknologi ini menitik beratkan pada gimana cahaya akan terinterferensi oleh kondisi tubuh pasien. Dalam“ lab on fiber” fungsi fiber optik lebih dipusatkan sebagai pemeriksaan daripada fungsi sebelumnya yaitu transmisi informasi.

3. Militer

Pada aspek militer, sesungguhnya fungsi fiber optik masih ada guna kuncinya yaitu sebagai alat transmisi informasi. Akan tetapi karena sifatnya yang kuat kepada interferensi dan bayaran yang murah, maka saat ini alat komunikasi militer( yang biasanya bersifat sangat rahasia dan tahan sadap) berpindah memakai fiber optik dari yang sebelumnya menggunakan jaringan radio khusus.

 

Nah itulah penjelasan kami tentang apa itu fiber optik dan hal- hal yang perlu kalian ketahui terkait teknologi ini. Intinya kehadiran fiber optik mempengaruhi cukup signifikan pada kualitas transfer informasi di seluruh dunia. Terma kasih semoga bermanfaat