Polis Asuransi

Polis Asuransi Dan Apa Saja Yang Perlu Di Ketahui Saat Membaca Polis

 

Polis Asuransi – Polis asuransi seringkali dinilai dokumen yang mempunyai halaman tebal dan bermuatan banyak hal sehingga tidak sedikit Pemegang Polis yang sungkan buat membacanya sampai habis. Sementara itu di dalam polis ada banyak data Mengenai hak dan peranan Tertanggung atau Pemegang Polis ataupun Penjamin( industri asuransi) dan sebagian informasi berarti yang lain seperti tabel manfaat, dispensasi, pasal- pasal, dan serupanya.

Lalu, apa, sih, pengertian polis dan apa saja yang wajib diperhatikan?

 

Pengertian Polis Asuransi

Polis asuransi adalah dokumen kontrak antara Penjamin( pihak asuransi) dan Tertanggung( pelanggan) yang terdiri dari ketentuan- ketentuan semacam informasi polis, lampiran premi asuransi, tabel manfaat, pasal dispensasi, dan sebagainya. Bisa dikatakan, polis ialah dokumen akad legal yang berisi hak, peranan, serta tanggung jawab antara kedua belah pihak yang sudah disetujui untuk melindungi kepentingan bersama.

 

Fungsi Polis Asuransi

Seperti yang telah disinggung di atas, polis asuransi merupakan dokumen kontrak yang sah antara pihak asuransi dan pelanggan, maka dari itu fungsi polis juga dibagi bersumber pada kebutuhan kedua belah pihak. Untuk nasabah, polis berperan sebagai bukti tertulis yang legal atas jaminan garansi untuk bermacam resiko yang terjadi pada Tertanggung. Tidak hanya itu, pelanggan bisa memakai polis sebagai bukti asli buat menuntut Penjamin apabila terjadi kelalaian dalam memenuhi hak nasabah.

Untuk perusahaan asuransi, polis berperan sebagai bukti tercatat atas manfaat dan garansi yang diserahkan buat Tertanggung. Setelah itu, polis juga dapat dipakai selaku bukti asli yang legal buat menolak tuntutan klaim yang diajukan oleh Tertanggung apabila klaim tidak penuhi ketentuan polis.

 

Informasi yang Terdapat Dalam Polis Asuransi

Setelah mengetahui pengertian polis serta fungsinya bagi 2 pihak, ayo ketahui informasi umum apa saja yang ada dalam polis!

1. Rangkuman polis

Dalam rangkuman polis, kalian wajib mengecek apakah data di bawah ini telah pas ataupun belum, seperti:

– Nama lengkap& tanggal lahir

– Nama lengkap penerima manfaat& persentase pembagian

– Jenis produk

– Masa pertanggungan

– Mata uang( IDR atau USD)

– Daftar nilai tunai yang dijaminkan( bila terdapat)

2. Rincian alokasi premi

Dalam rincian alokasi premi; kalian wajib mengecek sebagian hal seperti:

– Waktu pembayaran premi( per bulan, per 3 bulan, per 6 bulan, ataupun per tahun)

– Metode pembayaran premi( transfer, autodebet dari kartu kredit ataupun rekening)

– Rincian premi

– Persentase alokasi investasi( bila terdapat)

3. Pasal- pasal dan penjelasan

Pada bagian ini, memang banyak sekali data yang diserahkan. Umumnya, kalian bisa mencari tahu hal istilah, peraturan, dan determinasi hukum yang diatur oleh industri asuransi.

4. Tabel manfaat

Nah, pada bagian ini, kalian akan menciptakan rincian manfaat garansi dari produk asuransi yang kalian punya. Pada umumnya tabel khasiat berisikan:

– Rincian manfaat rawat inap serta pembedahan

– Rincian manfaat penyakit kritis

– Rincian manfaat perawatan darurat

– Rincian manfaat tambahan, serta lain- lain

 

Ini yang Wajib Dilakukan Saat Membaca Polis Asuransi

Kita ada 2 tips yang wajib kalian lakukan saat membaca polis, di antara lain:

1. Pastikan data diri telah benar

Data diri merupakan kunci semua dokumen, tidak lain pada polis asuransi. Kalian wajib memastikan data diri kalian tidak salah ataupun kurang satu huruf pun. Apabila hal ini terjadi, kalian akan kesusahan untuk mengajukan klaim sebab data diri yang tertera pada polis dengan data diri aslimu berbeda. Jadi, yakinkan data dirimu ataupun data penerima manfaat telah sesuai, ya!

2. Baca seksama dan bertanya pada insurance consultant

Walaupun polis asuransi punya ketebalan halaman yang lumayan, kalian tetap wajib membaca secara saksama, ya! Pelajari secara perinci apa saja informasi yang tertera di polis supaya kalian memahami dengan tepat perihal klaim dan garansi apa yang seharusnya kalian dapatkan.

Kalau bingung, sampaikan semua pertanyaan yang ada di kepalamu pada insurance consultant. It’ s okay kok untuk bertanya, karena sesuai dengan pepatah“ Malu bertanya, sesat di jalan”.

 

Mungkin itu saja ulasan singkat dari kami mengenai Polis Asuransi Dan Apa Saja Yang Perlu Di Ketahui Saat Membaca Polis, semoga bisa memberi sedikit wawasan tentang polis asuransi dan semoga tetap berhati-hati. Terima Kasih Sampai jumpa di artikel berikutnya.