Pengajuan Klaim Asuransi Mobil

6 Tips Supaya Pengajuan Klaim Asuransi Mobil Cepat Diproses Nih

 

Pengajuan Klaim Asuransi MobilKetika membeli mobil, umumnya pelanggan memproteksi kendaraannya dengan asuransi mobil. Tujuannya untuk membuat finansial sang pemilik mobil aman, paling utama saat terjadi musibah atau mengalami kehilangan akibat pencurian.

Dengan jaminan asuransi mobil itu, pemilik kendaraan bisa memperoleh ganti rugi jika terjadi musibah pada kendaraan kesayangannya. Hanya saja, sebagian orang berasumsi, klaim asuransi kendaraan sulit dilakukan sebab prosesnya yang lama dan rumit. Tidak hanya prosedur yang rumit, sering- kali klaim tidak diterima sebab beberapa alasan.

Sebenarnya hal itu bisa dihindari jika Kamu mengetahui metode pengajuan klaim asuransi yang tepat. Maka itu, tiap pemilik asuransi mobil pasti saja harus mengetahui trik klaim asuransinya agar cepat diproses.

Berikut ini adalah tips supaya pengajuan klaim asuransi mobil cepat diproses.

1. Siapkan Kelengkapan Dokumen

Tahap pertama yang dilakukan adalah, siapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sebagai ketentuan melakukan klaim asuransi dengan segera. Kelengkapan dokumen ini penting sebab pihak asuransi tidak akan memproses laporan bila dokumen belum lengkap.

Dokumen itu di antara lain fotokopi SIM pengemudi, polis asuransi, serta STNK kendaraan. Dokumen tambahan berbentuk surat penjelasan polisi jika kehancuran disebabkan kecelakaan lalu lintas atau kejadian di jalan.

2. Segera Hubungi Pihak Asuransi

Segera hubungi pihak asuransi mobil, bisa dengan datang ke kantor agen asuransi terdekat ataupun juga dengan menghubungi kontak pihak asuransi. Selanjutnya, petugas asuransi akan membimbing Kamu bagaimana langkah selanjutnya untuk melakukan klaim kerusakan kendaraan sesuai dengan tipe perlindungan yang dipilih.

Seperti dikenal, ada sebagian jenis asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kemampuan keuangan. Adapun tipe asuransi kendaraan yang terbaik untuk dipilih merupakan asuransi mobil All Risk. Sesuai namanya, jenis asuransi ini akan membagikan proteksi secara global dari semua resiko, mulai dari kerusakan enteng, berat, kehilangan hingga yang diakibatkan bencana alam.

3. Tunjukkan Bukti Kerusakan Mobil

Agar lekas memperoleh klaim asuransi, Kamu juga wajib persiapkan dokumentasi berbentuk foto yang memperlihatkan situasi mobil yang mengalami kerusakan.

Untuk itu, Kamu wajib segera mendokumentasikan foto kondisi kehancuran secara terperinci. Untuk mengirimkan buktinya, Kamu bisa menjajaki prosedur yang diberikan oleh pihak asuransi mobil. Tidak hanya itu, aparat akan meminta beberapa data, sebaiknya Kamu memberi data dengan jelas dan jujur.

4. Isi Formulir Klaim Asuransi

Berikutnya petugas akan berikan formulir registrasi yang wajib diisi dengan benar. Poin yang penting untuk diperhatikan adalah penjelasan kronologi kecelakaan ataupun penyebab kerusakan. Ini yang sering terjadi, tidak bisa menjelaskan kronologis ataupun memberikan penjelasan tidak sesuai kejadian sesungguhnya. Hal itu sering menjadikan klaim asuransi bisa ditolak bahkan bisa dianggap usaha penipuan asuransi.

5. Siapkan Dokumen Lain Pihak Ketiga

Kecelakaan saat berkendara di jalan raya tidak hanya diakibatkan oleh kelengahan diri sendiri. Tetapi, bisa pula oleh kelalaian pengemudi lain ataupun disebut pihak ketiga. Apabila kerusakan mobil disebabkan dari kelalaian pihak ketiga, maka Kamu wajib menyiapkan dokumen untuk memperoleh ganti rugi.

Terpaut dokumen ini, Kamu bisa segera menghubungi pihak asuransi untuk menemukan informasi komplit apa saja yang diperlukan. Karena, ada beberapa perbandingan untuk klaim asuransi ketika melibatkan pihak ketiga.

6. Kunjungi Bengkel Rekanan

Biasanya asuransi kendaraan telah memiliki daftar bengkel rekanan untuk menanggulangi perbaikan mobil asuransi. Nah, Kamu bisa datang ataupun bertamu pihak bengkel yang telah bekerjasama ataupun jadi rekanan dari pihak asuransi. Kamu bisa langsung mengisi formulir yang disediakan pihak bengkel. Dengan catatan, Kamu wajib melalui proses persetujuan dari pihak asuransi untuk perbaikan mobil yang dimaksud.

 

Penutup

Itulah uraian sederhana dari kami tentang 6 Tips Supaya Pengajuan Klaim Asuransi Mobil Cepat Diproses Nih, dengan beberapa tips di atas menjadikan panduan buat kalian ketika akan mengklaim sebuah asuransi buat mobil kalian yaa. Semoga Bermanfaat