bus transport express jaya

Bus Transport Express Jaya : Fasilitas, Harga dan Rute

Kabarindotek.com – Bus transport express jaya merupakan salah satu perusahaan transportasi yang cukup terkenal bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, mereka melayani rute cukup banyak apalagi pada pulau Sumatra. Adapun salah satu rute terkenal adalah Padang – Lampung.

Selain itu, perusahaan ini menyediakan berbagai fasilitas menyenangkan kepada para penumpang. Salah satunya adalah AC. Kemudian untuk menghilangi kebosanan saat perjalanan berlangsung, Express Jaya pun menempatkan satu unit televisi.

Fasilitas Bus Transport Express Jaya

Sebenarnya masih ada fasilitas perusahaan bis express jaya yang bisa kamu nikmati sampai kapanpun. Fasilitas tersebut antara lain :

  1. Toilet room

Rute yang tersedia pada Express Jaya tidaklah sebentar. Akan tetapi, membutuhkan waktu sampai berhari-hari untuk tiba. Maka mereka menyediakan berbagai fasilitas kepada seluruh penumpang. Contohnya adalah ruang toilet.

Ruang toilet ini biasanya terletak pada bagian belakang bis, dekat bagasi. Adapun jumlahnya sendiri hanyalah satu. Sehingga kalau kamu buang air, dan kebetulan masih ada orang. Usahakan menunggu sebentar saja.

  1. Bagasi luas

Express Jaya menyediakan bagasi luas setiap unitnya. Bagasi ini berfungsi untuk menampung segala barang-barang penumpang yang tidak sedikit. Termasuk koper, dus berisi makanan, bahkan magic jar sekalipun.

Tenang saja soal barang-barang tersebut. Di era sekarang, setiap bawaan penumpang pasti terpasang sebuah barcode. Nantinya barcode apabila pengguna scan, muncul informasi mengenai penumpang dan barang bawaan.

  1. Ruang merokok

Sebagian penumpang Bus Transport Express Jaya merupakan perokok aktif. Bahkan satu hari, mereka pasti mengonsumsi sekitar 5-6 batang. Oleh karena itu, tersedialah sebuah ruangan khusus, dekat toilet, untuk para perokok.

Pada ruangan tersebut juga terdapat exhauser. Fungsinya sendiri untuk memperlancar sirkulasi udara, sehingga tidak terlalu pengap. Kemudian supaya ruangan tersebut tidak terlalu panas, selayaknya neraka jahanam.

Harga Rute Bus Transport Express Jaya

Beberapa fasilitas sebagaimana tersebut sebelumnya bisa kamu nikmati dengan hanya biaya murah. Rentannya sendiri sekitar 100-600 ribu, tergantung dari rute. Lebih lanjut, berikut adalah daftar lengkapnya :

  • Bandung-Padang = Rp. 475.000
  • Bandung-Pariaman-LB Basung = Rp. 450.000
  • Bogor-Padang = Rp. 450.000
  • Bogor-Pariaman = Rp. 470.000
  • Padang-Jakarta = Rp. 500.000
  • LB Basung-Pariaman-Jakarta= Rp. 425.000

Cara Beli Tiket Bus Express Transport Jaya

Kamu bisa menikmati Bus Tersebut dengan hanya membeli tiket. Harganya sendiri telah tercantum sebelumnya. Adapun caranya terbagi menjadi 2 metode. Kedua metode tersebut antara lain :

  1. Traveloka

Traveloka adalah aplikasi liburan terbaik tahun ini. Pada aplikasi tersebut, tersedia berbagai menu yang boleh kamu pilih. Bisa itu hotel dan penyewaan kamar selama sehari. Ada juga informasi mengenai pembelian tiket bus transport express jaya.

Nah kalau kamu ada rencana pergi ke Pariaman dari Jakarta, lewat bus. Kamu bisa membelinya pada aplikasi satu ini. Adapun tutorialnya sendiri banyak tersebar pada internet. Cuma pastikan saat mengikuti semua langkah-langkah. Koneksi internet lancar sebagaimana mestinya.

  1. Datang langsung ke terminal

Sekiranya kamu tidak terbiasa dengan sistem baru. Gunakanlah metode lama, yaitu mendatangi langsung ke terminal setempat. Kemudian membeli tiket lewat loket-loket setempat yang biasanya berada pada pintu gerbang utama.

Untuk metode satu ini sebenarnya agak kurang baik. Apalagi saat pandemik sedang merebak. Mengingat nantinya kamu akan bersentuhan langsung dengan orang lain. Sehingga resiko terkena pun semakin besar.

Begitulah fasilitas, rute, harga, dan cara beli tiket bus express transport jaya. Semua hal sebelumnya mesti kamu ikuti dan pahami sebaik mungkin. Supaya tidak terjadi kesalahan sebagaimana yang pernah terjadi.