Cleaning Printer EPSON

Cara Cleaning Printer EPSON Dengan Baik dan Mudah Yuks Simak

 

Cleaning Printer EPSON –¬†Cleaning ialah proses pembersihan yang dilakukan khusus buat head dari tinta yang terdapat pada jarum head printer. Apabila kalian memiliki printer ber merk epson di rumah maka kalian wajib merawat dan membersihkannya supaya printer tetap awet dan terjaga dengan baik performanya, dengan rutin melakukan cleaning kalin akan di jamin merasakan pemakaian yang optimal dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah buat kalian yang ingin tahu bagaimana cara cleaning printer epson maka simak dan pahami artikel ini yaa sebab kami akan berikan beberapa tips dan cara cleanig v.

 

Peralatan Untuk Membersihkan Printer Epson

 

Ada beberapa alat yang di perlukam buat cleaning printer epson yang bisa kalian manfaatkan dengan mudah dan gampang, ada 5 yaitu :

1. Kain microfiber

Kain microfiber adalah kain sintetis dengan serat yang sangat halus seperti sutera sehingg bisa menyerap debu dengan optimal dan ngga akan merusak komponen dalam printer epson.

2. Kanebo

Mayoritas orang pasti sudah nggak asing lagi dengan peralatan yang satu ini. Apabila terkena air, karakteristiknya berubah menjadi busa spons padat. Namun, jika kadar air di dalamnya cenderung berkurang, justru sponsnya akan semakin mengeras. Produk ini banyak dijumpai di toko online dengan harga yang sangat terjangkau.

3.Head Cleaner

Ketika tinta printer meluber kemana-mana karena sering di sebabkan oleh head printer yang buntu, solusinya adalah dengan menggunakan cairan head cleaner untuk membersihkan head printer yang buntu dengan cairan head cleaner printer akan di bersihkan dengan maksimal melalui proses cleaning dan membuang sisa tinta yang mengendap pada bagian bawah catridge

4. Cairan Pmebersih

Untuk merawat printer epson selain kain yang lembut kalian juga memerlukan cairan pembersih yang aman ketika di semprotkan, caranya gunakan cairan head cleaner ini dan semprotkan ke bagian printer yang ingin kalian bersihkan dan gunakan kain microfiber

5. Vacum Cleaner Mini

Nah untuk bagian tersulit atau terdalam di printer epson kalian bisa gunakan vakum cleaner mini untuk menyedot debu yang menempel di bagian dalam, alat yang satu ini wajib kalian miliki.

 

Cara Cleaning Printer EPSON

Istilah cleaning ini sebenarnya bermaksud untuk mengatur ulang printer agar kembali normal setelah mengalami error. Untuk melakukan proses ini, kamu nggak perlu melakukan bongkar pasang printer, cukup gunakan saja aplikasi yang terdapat di PC.

Pasalnya, proses cleaning printer Epson ini sangat membantumu dalam mencetak dokumen dan keperluan lainnya. Dimana, cara ini mampu mengatasi hasil cetak yang pecah-pecah, nggak bisa menarik kertas, hingga kebocoran tinta. Berikut caranya.

1. Cleaning Printer Epson Dengan Head Cleaning

Ketika kalian tiba-tiba menemukan dokumen yang buram maka sebaiknya lakukan cleaning melalui heading print,cara ini mengecek apakah tinta printer sudah tersalurkan dengan baik atau belum

  • -Cara cleaning dengan head cleaning bisa di lakukan dengan software printer dan control panel
  • -Pastikan printer dalam keadaan menyala dan matikan lampu tintanya
  • -Kemudian akses software printer dan klik print atau bisa melalui menu print setup yang ada pada file menu di windows
  • -Akan ada tampilan kotak dialog ,kalian bisa klik printer,setup,properties atau options yang ada, Lalu klik submenu utilitas dan pilih head cleaning untuk mulai pembersihan
  • -Langkah terakhir kalian perlu mengatur ulang siklus pembersih printer dengan cara klik print nozzle check pattern di taskbar head cleaning, pastikan juga lampu daya tidak berkedip. Karena bertujuan untuk memastikan proses cleaning berjalan lancar dan siap di gunakan kembali

 

Tips Menjaga Dan Merawat Printer Epson

 

-Apabila printer kalian masih baru maka usahakan jangan terlalu sering melakukan cleaning, Namun jika printer epson kalian sudah agak lama dalam waktu pemakaian sangat di sarankan untuk sering melakukan cleaning agar printer epson kalian lebih awet dan nggak macet saat digunakan.

Agar Printer epson kalian awet sebaiknya setelah melakukan proses cleaning printer epson berilah waktu jeda sekitar 10 hingga 15 menit sebelum printer kembali di gunakan, karena hal ini proses cleaning pasti membuat komponen cartridge menjadi panas dan jika di paksa di pakai bisa bahaya.

 

Demikian uraian dari kami mengenai Cara Cleaning Printer EPSON Dengan Baik dan Mudah , semoga bisa kalian pahami dan langsung praktekan pada printer epson kalian yaaa. Terima Kasih