cara transfer uang dari ATM

Cara Transfer Uang dari ATM Lengkap dan Mudah

Kabarindotek.com – Cara transfer uang dari ATM. Transfer merupakan satu antara banyaknya layanan perbankan yang paling sering banyak pemakainya. Entah itu transfer ke sesama bank atau ke bank lain. Namun, bagi sebagian orang  yang belum pernah melakukan transfer uang dari ATM, mungkin akan sedikit kesulitan.

Sebenarnya, transfer uang melalui ATM tidaklah sulit. Anda hanya perlu teliti mengikuti langkah-langkah yang tersedia pada layar ATM. Jika Anda benar-benar masih awam dalam menggunakan fasilitas bank, tidak ada salahnya mempelajari terlebih dahulu poin apa saja yang perlu Anda perhatikan.

Tidak perlu khawatir, kami akan coba jelaskan secara ringkas dalam artikel ini bagaimana cara transfer uang dari ATM dengan mudah dan tentunya aman. Yuk simak sampai akhir!

Cara Transfer Uang dari ATM

Simak caranya berikut ini:

Masukkan Kartu ATM ke dalam Tempat Kartu pada Mesin ATM

Slot tempat kartu mesin ATM biasanya sudah ada tandanya. Pastikan Anda tidak terbalik dalam memasukkan kartu. Nama bank harus berada pada posisi atas agar mesin tidak salah membacanya. Jika masih bingung, Anda bisa samakan dengan gambar yang biasanya sudah tertera pada samping slot tempat kartu.

Pilih Jenis Bahasa

Pada mesin ATM, biasanya hanya akan tertera 2 jenis bahasa, yaitu English dan Indonesia. Pastikan Anda memilih “Indonesia” agar memudahkan proses selanjutnya.

Masukkan PIN

Saat Anda mengetikkan nomor PIN, usahakan tutup sedikit dengan tangan untuk menjaga kerahasiaannya. Pihak Bank sama sekali tidak akan pernah meminta nomor PIN ATM-mu secara langsung. Jika ada yang meminta, Anda harus waspada agar terhindar dari upaya penipuan pihak lain.

Pilih Jenis Transaksi yang Akan Dilakukan

Untuk melakukan transfer, Anda tinggal klik transfer di tombol yang ada samping tulisan. Beberapa mesin ATM juga sudah meng-upgrade layanannya dengan touch screen.

Pilih Bank Tujuan

Layar ATM biasanya akan menampilkan 3 pilihan, yaitu transfer ke bank yang sama, transfer ke bank lain, dan kode bank. Jika Anda akan transfer uang dengan tujuan bank yang sama, Anda bisa langsung masukkan nomor rekening tujuan tanpa menambahkan kode apa pun di depannya. Namun, apabila Anda akan melakukan transfer ke bank lain, Anda bisa pilih menu “Kode bank” untuk melihat kode bank tujuan transfer terlebih dahulu. Lalu, inputkan nomor rekening dengan awalan kode bank tujuan tersebut dan pilih “Benar” untuk ke proses selanjutnya.

Masukkan Nominal Uang yang Akan Anda Transfer

Di bagian ini, Anda bisa memasukkan nominal uang sesuai jumlah yang ingin Anda transfer ke rekening tujuan. Pastikan dan teliti lagi bahwa nominal yang Anda masukkan sudah benar dan tidak berlebih. Jika sudah sesuai, pilih “Ya” dan Anda tinggal menunggu konfirmasi dari layar ATM.

Selesai

Setelah transaksi berhasil, akan ada pertanyaan apakah Anda akan melakukan transaksi lainnya atau tidak. Jika tidak, Anda bisa memilih “Cancel” kemudian kartu ATM Anda akan keluar dengan sendirinya. Silakan cabut dari slot kartu dan tunggu mesin ATM mencetak struk atau bukti transfermu.

Kesimpulan dan penutup

Sekarang sudah jelas kan bagaimana cara transfer uang dari ATM. Jika masih bingung, pahami kembali langkah-langkah tersebut dan kami sarankan agar Anda mempraktekkannya.

Anda mungkin bisa mencoba transfer ke nomor rekening keluarga dengan nominal yang tidak terlalu banyak agar benar-benar paham. Selamat mencoba. Terima kasih telah bersedia membaca ulasan ringkas ini hingga akhir.