Pengertian Teknologi

Pengertian Teknologi Jenis dan Manfaatnya Buat Kehidupan

 

Pengertian Teknologi – Teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem serta mensistem untuk memecahkan masalah manusia. Pengertian teknologi ialah keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah serta memiliki ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

Artian lain dari teknologi, Secara bahasa teknologi berasal dari bahasa yunani yaitu “teknologia” yang merupakan gabungan dari “techne” dan ” logos ” ,Tehcne berarti art or skill sedangkan logos berarti science of study. Dan dalam kamus besar bahasa indonesia teknologi adalah semua sarana yang bisa menyediakan barang-barang yang di butuhkan bagi kelangsungan dan kenyaman hidup dari manusia.

 

Jenis – Jenis Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Saat ini, teknologi sudah hadir di berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan manusia. Adapu jenis teknologi yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

 

1. Teknologi Dalam Bidang Informasi

Teknologi informasi menjadi teknologi yang paling berpengaruh buat manusia saat ini, karena teknologi ini bisa mempermudah manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan tepat. Teknologi ini terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang di butuhkan buat meyampaikan informasi tersebut, contoh dari teknologi informasi yaitu: website,televisi,radio,google dan lainnya.

2. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi membantu manusia buat berkomunikasi dengan sesamanya dan dengan menggunakan perangkat tertentu, Jenis teknologi ini yang mungkin saat ini paling terasa di kehidupan manusia. Contoh teknologi komunikasi yaitu email, smarphone, aplikasi pesan singkat.

3.Teknologi Bidang Transportasi

Nah selanjutnya ada teknologi di bidang transportasi yang merupakan perangkat yang bisa membantu manusia melakukan perpindahan dari saru tempat ke tempat yang lain secara singkat. Dan dengan kehadiran teknologi transportasi ini membuat mobilitas manusia lebih efisien dan praktis, contoh dari teknologi transportasi ini adalah: kereta api, pesawat, kereta listrik, mobil listrik, dan sepeda listrik atau motor.

4. Teknologi Di Bidang Pendidikan

Nah di dalam sistem pemdidikan juga ada beberapa unsur teknologinya loh, jenis teknologi ini di ciptakan buat meningkatkan kinerja pembelajaran,Beberapa contoh teknologi pendidikan yaitu metode pengajaran, alat laboratorium, pembelajaran daring dan lainnya.

5. Teknologi Bidang Kesehatan

Di bidang keseahatan juga tidak mau ketinggalan dalam bidang pemanfaatan teknologi, jenis teknologi ini di manfaatkan dalam kegiatan medis, teknologi kesehatan dalam bidang medis memiliki cakupan yang luas. Dan inovasi di teknologi kesehatan bidang medis ini sangat bermanfaat buat memelihara kesehatan manusia,mengurangi rasa sakit dan mempercepat pemulihan. Contoh teknologi di bidang ini yaitu termometer, stetoskop, alat suntik, infus, software konsultasi kesehatan, dan lainnya

6. Teknologi Di Bidang Konstruksi

Jenis teknologi ini berhubungan dengan alat dan cara yang digunakan dalam membangun struktur bangunan baik dari struktur dasar atau tingkat lanjutan. Contoh teknologi ini yaitu alat berat untuk konstruksi, metode kerja konstruksi, dan lain sebagainya.

7. Teknologi Di Bidang Bisnis

Selanjutnya ada teknologi di bidang bisnis yang merupakan penerapan beberapa ilmu seperti sains,teknik data,dan informasi, teknologi dalam bidang bisnis ini sangat membantu kegiatan bisnis kecil,UMKM, dan pebisnis pemula. Contoh penerapan teknologi dalam bidang bisnis adalah: transaksi online,beli keperluan rumah tangga online , toko online dan segala macam kemudahan lain yang menggunakan internet.

8. Artificial Intelligence (AI)

AI atau (artificial intelligence) adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk mencapai kecerdasan yang ditujunjukkan oleh mesin. Teknologi ini terdiri dari beberapa disiplin ilmu seperti matematika, filsafat, ekonomi, komputer, teknik, psikologi, ilmu saraf, dan teori kontrol. Contoh teknologi AI yaitu Google, asisten virtual, fitur rekomendasi di platform digital, dan lainnya.

 

Manfaat Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain terbagi menjadi beberapa jenis, teknologi juga memberikan banyak manfaat di segala bidang. Berikut ini beberapa manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari:

  1. -Mempermudah penerimaan informasi.
  2. -Mempemudah komunikasi antar manusia.
  3. -Membuat belajar lebih efektif dan efisien.
  4. -Mempermudah diagnosis suatu penyakit.
  5. -Mempermudah transaksi keuangan.

 

Demikian uraian sederhaana dari kami mengenai Pengertian Teknologi Jenis dan Manfaatnya Buat Kehidupan , semoga bisa membantu kalian dalam memahaminya ya. Teknologi memang sangat memudahkan kita semua dalam berbagai hal mengenai kehidupan. Semoga Bermanfaat