Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi Dan Cara Kerjanya

 

Pengertian Sistem Operasi-Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas buat melakukkan kontrol dan manajemen perangkat keras dan operasi-operasi dasar dari sebuah sistem, dan termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi dan program-program pengolah kata serta peramban WEB.

Definisi Secara umum sistem operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang di tempatkan pada memory komputer ketika pertama kali komputer di nyalakan. Sedangkan software-software yang lainnya di nyalakan dan di jalankan ketika sistem operasi berjalan dan sistem operasi akan melakukkan layanan inti umum pada software itu. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk,manajemen memory,skedulligntask dan antarmuka user. Masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas inti umum tersebut karena bisa di layani dan di lakukkan oleh sistem operasi,dan bagian kode buat melakukkan tugas teresebut adalah di namakan dengan KERNEL pada sistem operasi.

Kalau sistem komputer di bagi dalam berbagai lapisan maka definisi lain dari sistem operasi adalah penghubung antara lapiasn hardware dan software. Lebih jauh dari itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Selanjutnya kami akan uraiakan mengenai Cara Kerja Sistem Operasi, simak di bawah yaa:

 

Cara Kerja Sistem Operasi

 

Cara kerja sistem operasi tergantung pada hardware nya, jadi antara brand hardware satu dengan yang lainnya pasti memiliki perbedaan tampilan ,fitur dan bahkan kode keseluruhannya. Tetapi jika kalian memperhatikan maka sistem operasi memiliki cara kerja yang sama.
Jika ingin di urut maka beiginilah kira-kira cara kerja sistem operasi:

1. Proses Starting

Ketika komputer kalian nyalakan maka komputer akan masuk ke sistem BIOS dan membaca semua sistem yang bekerja, lalu komputer akan mengirim sinyal ke sistem operasi, sinyal ini akan di simpan di harddisk melalui RAM. Proses ini di namakan booting sistem, yang terjadi ketika pengguna pertama kali menyalakan komputer, OS akan menyiapkan segala aplikasi yang siap kalian gunakan dengan bantuan fitur API (application program interface). Nantinya fitur tersebut akan meringkas sistem perintah pada komputer agar menjadi lebih ringan dan mudah di pakai.

2. Open Software

Sistem akan melakukan segala macam manajemen proses,dan hal ini mencakup penjadwalan,pembuatan file,penghapusan file,edit file dan lainnya, tetapi sistem ini akan bekerja setelah instruksi di lakukkan oleh pengguna. Setelah sistem menerima instruksi maka selanjutya sistem akan memproses dan mengubah perintah menjadi informasi pada sebuah software, misalnya kalian membuka mesin pencarian(searching), tentunya akan ada jeda waktu diaman sistem komputer akan mengolah perintah dan menerjemahkannya pada layar monitor dalam browser.

3. Close Program Dan Shutdown

Berikutnya yang ada dari sebuah sistem operasi adalah menutup program dan mematikan komputer (shutdowns), cara kerja sistem operasi saat menutup program komputer adalah dengan aplikasi pada sistem operasi akan memerintahkan aplikasi melalui API, buat mengentikkan layanan yang sudah di berikkan. Setelah proses selesai sistem akan kembali ke tampilan desktop dan begitu juga saat mematikkan komputer maka sistem akan memberi perintah pada semua sistem layanan. Namun ketika mesin akan berhenti, maka tanggal dan waktu masih bisa bekerja dengan bantuan baterai CMOS yang menjaga realtime komputer.

 

Mungkin itu saja uraian dari kami mengenaiPengertian Sistem Operasi Dan Cara Kerjanya, dengan mengetahui cara kerja sistem operasi mungkin bisa menambah ilmu baru buat kalian ya. Semoga Bermanfaat