Cara Monetisasi Instagram

5 Cara Monetisasi Instagram Yang Wajib Kalian Coba

 

Cara Monetisasi Instagram – Instagram saat ini adalah Platfrorm media sosial yang paling banyak di gunakan di dunia, dengan berbagai kelebihan fitur yang di miliki instagram menjadi sumber yang sangat di minati bukan cuma buat berbagi foto dan video saja, namun dengan instagaram kalian juga bisa mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan beberapa caranya.

Nah cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan Monetisasi Instagram, yaa Monetisasi atau penguangan adalah proses mengubah apapun menjadi alat pembayaran yang sah. ini adalah cara halus untuk berbicara tentang bagaimana manusia dapat membuat sesuatu yang dapat dikomersialkan. Kali ini kami akan menyarankan dan menguraikan beberapa cara monetisasi instagram yang bisa langsung kalian praktekkan. Simak terus yaaa.

1. Bekerja Sama Dengan Brand

Influencer instagram kini sudah sangat menjamur pasalnya seseorang bisa membangun reputasi online sendiri dengan segala kegiatan mereka dan seorang influencer tentunya akan menghasilkan konten yang menjadi trendsetter,menjadi pakar dan pembuat selera. Tak hanya membuat konten biasa, seorang influencer juga bisa bermitra dengan banyak brand melalui postingan, story, reels, atau video tentang produk yang dipromosikan, atau dengan kata lain adalah endorse.

2. Menjual Produk / Jasa Sendiri

Cara kedua dan paling mudah yang biasa di lakukakan adalah dengan menjual jasa atau produk yang kalian miliki, dengan syarat kalian harus menyajikan konten dan psotingan yang menarik agar followers tergugah dan membeli produk atau jasa kalian. Sebaiknya kalian menyajikan konten selingan yang ringan tetapi menghibur agar followers Instagram tidak jenuh. Biasanya konten seputar percintaan, humor, dan tutorial paling banyak diminati di media sosial. Jika followers Instagrammu semakin banyak, maka bisnis yang kalian miliki juga akan semakin ramai pembeli dan berkembang.

3. Menerima Endorsement

Endorsement juga menjadi salah satu hal yang paling sering di gunakan, pihak yang menawarkan endorse biasanya berasal dari UMKM yang menginginkan perkembangan bagi bisnisnya sehingga menyewa jasa influencer buat mempromosikan produknya.

Kamu akan menerima produk secara gratis kemudian diminta memberikan review positif di postingan atau strory Instagram kalian. Tak hanya dapat produk gratis, kalian juga akan mendapatkan biayaa sesuai kesepakatan yang dilakukan di awal kerja sama. Seorang influencer biasanya menetapkan besaran tarif endorse berdasarkan jumlah followers dan tingkat engagement-nya.

4. Membagikan Ilmu Yang Kalian Miliki

Tak banyak yang menyadari kalau ilmu yang kalian miliki juga bisa kalian manfaatkan buat mendatangkan keuntungan. Denagan beberapa cara di instagram, salah satunya ialah kalian bisa membuka kelas pelatihan mengenai ilmu yang akan kalian bagikan di postingan instagram kalian.

Reputasi di Instagram juga dapat mendatangkan keuntungan besar bila kalian mendapat tawaran pekerjaan, bisnis, atau kesempatan mengisi acara tertentu (webinar, seminar, talkshow, atau training). Kalau sudah punya banyak followers, kalian juga bisa menawarkan keahlian secara komersial buat menambah keuntungan yang lebih besar nantinya, misalnya menyediakan jasa foto prewedding, desain konten media sosial, dan jasa videografi.

5. Memanfaatkan SIstem Affiliate Marketing

Sistem ini adalah sistem pemasaran yang memungkinkan kalian memperoleh komisi jika berhasil mempromosikan sebuah produk, Cara kerja affiliate marketing yang bisa umum di gunakan adalah dengan membagikan link tautan atau kode khusus di akun media sosial kalian. Penghitungan komisi di lakukan berdasarkan jumlah followers atau jumlah pengguna kode yang kalian bagikan. Ketika kalian menginginkan penghasilan yang besar dengan cara ini maka minimal jumlah followers kalian juga sesuai syarat yang di ajukan.

Produk atau jasa yang kalian promosikan juga harus sesuai dengan karakteristik followers kalian. Misalnya, jika kamu seorang beauty enthusiast, maka kalian cocok mempromosikan jasa makeup artist atau produk skincare di akun Instagrammu.

 

Demikian uraian sederhana dari kami tentang Cara Monetisasi Instagram Yang Wajib Kalian Coba, silahkan manfaatkan media sosial kalian sebagai ladang penghasilan yaa jangan sampai tidak mencobanya. Semoga Bermanfaat