Komponen Pada Sepeda Motor yang Wajib diganti Secara Berkala

Komponen Pada Sepeda Motor yang Wajib diganti Secara Berkala

 

Komponen Pada Sepeda MotorSepeda Motor adalah kendaraan bermotor roda dua atau tiga, tanpa rumah-rumah, baik dengan atau tanpa kereta samping (PP No.44 tahun 1993). Sepeda motor merupakan komponen terbesar dalam pergerakan perjalanan di lalu lintas jalanan umum. Sebagai alat transportasi sepeda motor bermanfaat sebagai penambah kecepatan waktu sampai tujuan dan efisiensi dalam kegiatan sehari-hari, buat kebutuhan ini memang motor jagonya simple dan murah dibandingkan kendaraan jenis mobil dan lainnya.

Karena di gunakan dalam kegiatan dan kebutuhan sehari-hari sepeda motor juga bisa turun performanya, di dalam sepeda motor sendiri terdapat beberapa komponen yang menjadi sumber utama atau menjadi penggerak bagi sepeda motor itu sendiri. Mengganti beberapa komponen sepeda motor yang memang seharusnya secara berkal diganti akan membuat kekuatan sepeda motor tetap prima dan gesit. Selain itu, suara mesin sepeda motor pun akan terasa halus dan seperti sedia kala saat kita pertama membeli motor tersebut. namun, semua itu juga harus diiringi perawatan dari ahli service.

Berikut merupakan rangkuman dari beberapa komponen sepeda motor yang perlu diganti secara berkala:

1. Oli Mesin

Oli mesin sendiri memiliki peranan penting padas sepeda motor, komponen ini berperan pelumas kinerja mesin di dalam kendaraan, melakukan penggantian oli mesin secara berkala bisa membuat mesin motor tetap terjaga,halus dan memiliki akeselerasi yang baik. Sejauh ini oli mesin menjadi komponen utama yang wajib di periksa dan ganti secara rutin, idealnya oli di ganti setiap 2 bilan sekali tetapi juga tergantung pemakaian yaa.

2. Busi Pada Motor

Busi adalah suku cadang yang kecil tetapi memiliki pengaruh yang besar buat kendaraan bermotor lho. Busi sendiri adalah suku cadang yang berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja. Jadi jika busi sudah kotor, ada baiknya pengguna sepeda motor segera mengganti bukan malah dibersihkan. Busi biasanya diganti saat motor telah digunakan menempuh jarak sebesar 20.000 km dan 50.000 km.

3. Lampu Kendaraan

Lampu kendaraan juga mempunyai batas pakai, jika lampu sepeda motor kalian sudah redup dan menghasilkan cahaya yang kurang baik sebaiknya segera di ganti dengan yang baru. Lampu pada sepeda motor sendiri terdiri dari : lampu depan, lampu belakang,lampu sen yang memiliki fungsi masing-masing, jika salah satu lampu sepeda motor kalian mati segera saja ganti karena itu mungkin saja bisa membahayakan kalian terutama yang sering berpegian waktu malam hari.

4. Kampas Rem Kendaraan

Bagian vital lain dari sepeda motor adalah rem. Jika kampas rem sudah semakin menipis atau sudah aus, sangat disarankan untuk segera diganti. Komponen ini biasanya diganti jika motor telah digunakan untuk menempuh jarak 20.000 km. Kampas rem menjadi komponen penting karena menjadi bagian langsung dalam keselamatan kalian ketika berkendara jangan sampai kehabisan kampas rem karena dapat mengalami rem blong yang mengakibatkan kalian celaka dan orang lain sekitar juga bisa celaka.

5. Filter Kendaraaan

Berikutnya ada filter yang merupakan bagian penting juga di dalam sepeda motor karena filter ini memiliki usia pakai yang cukup rendah, tetapi juga tergantung dari jenis filter yang di pakai. Filter yang tidak di ganti bisa menyebabkan suara bising keluar pada saat kendaraan di gunakan karena akses sirkulasi terhalang oleh debu dan kotoran yang menyumbat, maka dari itu ketika suara bising itu keluar segera lakukkan cek filter atau lakukkan pengggantian pada filter mesin sepeda motor kalian.

6. Ban Sepeda Motor

Yang Terakhir dan tidak kalah penting adalah Ban yang meruapakan komponen utama dari pergerakan yang ada di sepeda motor. Ban adalah suku cadang motor yang sangat penting, apalagi jika sepeda motor digunakan secara rutin di jalanan yang kondisinya kurang baik. Biasanya ban perlu diganti setiap setahun sekali, namun hal ini juga tergantung dari penggunaan dan kondisi ban itu sendiri. Jangan sampai mengabaikan penggantian ban ini ya kaena dapat membahayakan kalian apalagi keetika kondisi jalanan licin.

 

Itulah uraian dari kami mengenai Komponen Pada Sepeda Motor yang Wajib diganti Secara Berkala, jangan sampai mengabaikan beberapa penggantian komponen yang ada di dalam sepeda motor ya supaya kalian tetap aman dan nyaman dalam berkendara. Semoga Bermanfaat