niat qurban idul adha

Niat Qurban Idul Adha yang harus Kalian pahami

Kabarindotek.com – Salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan ketika Bulan Dzulhijjah adalah berqurban. Untuk penyembelihannya bisa Anda lakukan ketika selesai shalat sunnah Idul Adha, hingga berakhirnya hari tasyrik atau tanggal 13 Dzulhijjah. Ibadah satu ini merupakan ibadah luar biasa, dan merupakan bentuk keteladanan kita terhadap kisah Nabi Ibrahim dengan anaknya. Yang mana, Nabi Ibrahim rela mengorbankannya anaknya hanya untuk Allah. Padahal saat itu, beliau telah menantikan kehadiran Nabi Ismail sejak lama. Perintah untuk berqurban dapat kita temukan di dalam firman Allah dalam Al-Quran. Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam QS. Al-kautsar ayat 2, yang berarti, ‘maka dirikanlah shalat hanya karena Allah, lalu berqurbanlah.’ Ketika akan berqurban, tentu Anda meski ber niat qurban idul adha terlebih dahulu. Bagaimana niatnya? Simak penjelasannya berikut.

Niat  qurban idul adha

Ustadz Muhammad Ajib, seorang ahli fiqh menyebutkan dalam kitabnya, bahwa niat qurban dapat Anda lakukan dalam hati mulai permulaan bulan Dzulhijjah, yakni 1 Dzulhijjah. Maka, ketika Anda telah mempunyai hewan yang akan diqurbankan pada idul adha atau hari tasyrik, Anda sudah bisa berniat untuk melaksanakan niat dalam hati. Sehingga, ketika sudah tiba waktunya penyembelihan, Anda tidak perlu niat kemali.

Cukup ucapkan saja basmalah, yakni dengan menyebut nama Allah, kemudian takbir, dan sembelih hewannya. Beliau menjelaskannya dalam kitab yang berjudul Fiqih Qurban perspektif Mazhab Syafi’i. Dan yang perlu Anda garis bawahi adalah, niat qurban idul adha ini bisa Anda ungkapkan dalam bahasa Indonesia saja dalam hati. Misalnya dengan ungkapan, ‘saya akan berkurban karena Allah. Dan ketika menyembelihnya, Anda dan orang-orang yang akan menyembelih meski, atau sunnah untuk membacakan basmalah, takbir, shalawat, dan doa-doa saat menyembelih hewan qurban.

Baca Juga :  Teks Bilal Idul Adha yang bisa Kalian Hafal

Untuk basmalah, takbir, dan shalawat tentu Anda sudah hafal dengan sangat lancar luar kepala ya. Karena memang sering kita bacakan dan kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Sementara doanya seperti apa.

Doa ketika menyembelih hewan qurban

Doa ketika menyembelih hewan qurban memang tidak begitu familiar. Hal ini karena memang pelaksanaannya yang hanya setahun sekali saja. Meskipun demikian, tentu Anda meski mengetahui doanya ya. Sebagai sebuah pengetahuan. Yang ketika nantinya harus praktek Anda sudah mempunyai bekal. Adapun doanya adalah,

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allȃhumma hȃdzihi minka wa ilaika, fataqabbal minnī yȃ karīm. Yang artinya, Wahai Tuhanku, hewan ini merupakan nikmat dari Engkau. Dan denganya aku mendekatkan hati kepada Mu. Karena itu, Wahai yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub.

Ketika akan menyembelih hewan qurban, usahakan menggunakan pisau yang sangat tajam. Hal ini agar tidak menyakiti hewan qurbannya. MasyaAllah. Bahkan perkara-perkara yang demikian saja telah diatur dalam Islam.

Itulah dia niat qurban idul adha yang perlu Anda ketahui, lengkap dengan beberapa penjelasan terkait dengan doanya. Maka, hal yang harus Anda lakukan ketika sudah memiliki niat akan berkurban tahun ini adalah membersihkan dan memurnikan niat.

Cek kembali niat Anda.  Apakah sudah murni semata-mata hanya karena Allah dan mengharapkan keridhaan Nya serta menjadikan hewan tersebut sebagai sarana mendekatkan diri kepada Nya. Atau jangan-jangan hanya sekedar untuk mendapatkan pujian dari orang lain. Sebab perkara niat memang tidak boleh asal-asalan. Dan Allah akan menilainya lewat niat seorang hamba Nya. Maka, cobalah untuk benar-benar membersihkan niat Anda dari segala hal-hal dunia. Semoga bermanfaat.