Pilihan Jenis Asuransi

Pilihan Jenis Asuransi Untuk Investasi Dan Masa Depan Kalian

 

Pilihan Jenis Asuransi Untuk InvestasiMembeli produk asuransi bisa jadi salah satu cara dalam mendanakan untuk menjamin keinginan di masa depan. Produk asuransi dan investasi, bersama dengan dana, merupakan hal yang kini sudah cukup biasa dalam manajemen finansial, baik perorangan ataupun rumah tangga. Hal ini didorong oleh kenaikan literasi finansial masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan( SNLIK) ketiga yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan( OJK) pada 2019 lalu, indikator literasi finansial sebesar 38, 03% dan indikator inklusi keuangan sebesar 76, 19%. Nilai itu meningkat sebesar 8, 33% dalam hal literasi serta 8, 39% dalam hal inklusi.

Nilai kenaikan di atas jadi indikasi kalau semakin banyak masyarakat yang mengetahui pentingnya asuransi dan investasi, tidak hanya tabungan, buat menjamin bermacam hal dan keinginan keluarga di masa depan.

Sesuai dengan prinsip dasarnya, asuransi merupakan wujud proteksi dan antisipasi dari bermacam resiko kerugian finansial akibat hal- hal yang tidak terduga di masa depan. Di sisi lain, investasi juga lumayan jadi tren di golongan masyarakat. Banyak orang yang melakukan investasi buat meningkatkan aset bernilai yang dimilikinya, dengan harapan, bisa memperoleh profit yang lebih di masa depan untuk bermacam tujuan yang telah dibuat.

Asuransi dan investasi merupakan 2 hal yang berlainan. Tetapi, keduanya sama- sama merupakan bagian berarti dalam perencanaan finansial. Tidak hanya itu, asuransi juga ialah salah satu wujud perlindungan untuk memberikan proteksi dari bermacam hal yang tidak terduga di masa depan.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik Tahun Ini

Kecelakaan, biaya kedokteran, kehilangan khusus, pembelajaran, sampai kematian dapat membagikan akibat yang sungguh- sungguh dalam perihal finansial. Dalam perihal inilah, asuransi jadi proteksi berarti yang memberikan agunan keuangan dari risiko- risiko yang mungkin terjadi.

Sebagai suatu perlindungan, ada 4 pilihan jenis asuransi yang dapat Kamu pilih 

 

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang paling biasa di masyarakat. Asuransi ini memberikan proteksi kepada kerugian keuangan atau kehilangan pemasukan akibat kematian pihak tertanggung ataupun anggota keluarga yang jadi tulang punggung keluarga.

Untuk Kamu yang memilikinya, uang garansi dari asuransi jiwa dapat mencegah keluarga Kamu dari kesulitan keuangan, dan jadi tabungan yang dapat dipakai untuk menjamin hari tua, ataupun sebagai usaha pengaturan finansial jangka panjang.

Asuransi jiwa dibagi jadi 4 jenis yang bisa Kamu samakan dengan kebutuhan, ialah asuransi jiwa berjangka yang memberikan proteksi dalam jangka waktu khusus dan asuransi jiwa seumur hidup yang memberikan proteksi seumur hidup( maksimum 100 tahun). Setelah itu ada pula asuransi jiwa dwiguna dengan 2 manfaat sebagai asuransi untuk proteksi dan sebagai tabungan, dan asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat asuransi sekaligus pemodalan.

2. Asuransi Kesehatan

Seperti halnya produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga jadi keinginan bagi banyak orang sebagai jaminan kesehatan apabila Kamu selaku tertanggung mengalami sakit tertentu. Asuransi ini menjadi penting sebab sebaik- baiknya Kamu atau keluarga sebagai pihak tertanggung menerapkan pola hidup yang sehat, resiko penyakit akan selalu ada.

Dengan asuransi kesehatan, Kamu sudah mempunyai proteksi atas berbagai biaya yang bisa jadi dikeluarkan saat menderita penyakit khusus, mengingat biaya penyembuhan yang semakin hari semakin besar.

Baca Juga :  Asuransi Rawat Jalan Terbaik 2021

3. Asuransi Pensiun

Tiap orang pasti akan mengalami masa pensiun, ialah masa dimana seorang sudah memasuki umur yang tidak lagi produktif buat bekerja dan wajib melepas pekerjaannya. Masa pensiun kerap jadi momok untuk beberapa orang yang sudah terbiasa bekerja aktif serta mempunyai pemasukan, karena tentunya dengan tidak lagi bekerja, pemasukan tetap juga tidak lagi ada. Hal itu jadi suatu yang penting untuk direncanakan sejak dini, dan salah satu jalan keluarnya adalah lewat asuransi pensiun yang akan membagikan proteksi keuangan di masa pensiun.

4. Asuransi Pendidikan

Semua orang tua mau memberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hatinya. Kamu juga pasti begitu. Agar kemampuan si anak bisa tersalurkan dengan baik, maka pemilihan institusi pendidikan yang terbaik jadi hal yang pantas dicermati.

Saat Kamu sudah mempunyai pilihan institusi pendidikan yang dirasa bisa penuhi kemauan itu, maka hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah biaya. Biaya pendidikan terus meningkat tiap tahun, maka Kamu tentu butuh mempersiapkannya sejak dini. Dalam hal ini, asuransi pendidikan dapat jadi solusi buat menjamin pendidikan terbaik untuk anak- anak Kamu di masa depan.

 

Penutup

Berbagai produk asuransi di atas bisa jadi alat investasi untuk masa depan Kamu serta keluarga. Perencanaan finansial tidak selalu jadi hal mudah. Selaku manusia, Kamu pasti mempunyai banyak impian serta tujuan yang akan dicapai yang membutuhkan pemograman finansial yang tepat. Semoga Bermanfaat